Advertisement

Ini Tips Mengatur Finansial untuk Generasi Muda

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 25 Oktober 2022 - 08:37 WIB
Lajeng Padmaratri
Ini Tips Mengatur Finansial untuk Generasi Muda Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Generasi muda diharapkan bisa mengatur finansialnya agar tidak memiliki kebiasaan boros demi mempersiapkan masa depannya.

Dengan ancaman resesi, generasi muda disarankan untuk tidak serta merta menjadi lalai dalam menjaga stabilitas keuangan pribadinya.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Bankir dan akademisi, Ari Kuncoro menjelaskan bahwa dengan aktifitas yang tinggi dari generasi muda, pertumbuhan ekonomi domestik juga akan semakin lebih baik.

Berikut tips mengatur finansial pribadi agar keuangan tidak jebol menurut Ari seperti dikutip dari Bisnis.com. 

1. Pelajari Keterampilan Baru

Di tengah keadaan saat ini, penting bagi generasi muda untuk dapat terus melakukan improvisasi diri dengan menambah nilai keterampilan. Semakin luas keterampilan dan pengetahuan maka kesempatan kerja juga akan semakin terbuka.

Seperti halnya yang dilakukan oleh perusahaan rintisan melalui model bisnis yang dihadirkan, mereka membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah dengan mendorong pertumbuhan perekonomian secara individu, perusahaan maupun di kota tersebut.

2. Bangun Kembali Jejaring yang Dimiliki

Advertisement

Selain memperluas keterampilan yang dimiliki, perlu bagi generasi muda untuk menjaga stabilitas pekerjaan mereka dengan optimal.

Meski masih berstatus aman dari ancaman resesi, namun tidak menutup kemungkinan akan adanya pergeseran pada suku bunga demi stabilitas moneter Indonesia. Hal ini akan berpengaruh besar pada ketahanan keuangan perusahaan.

Untuk itu, generasi muda dapat mempersiapkan diri dari ancaman “PHK” sewaktu-waktu dengan meninjau kembali resume dan memperbarui informasi pada laman LinkedIn serta membangun kembali hubungan dengan jejaring yang dimiliki.

Advertisement

3. Cari Penghasilan Tambahan

Dari keterampilan yang sudah berkembang, generasi muda juga dapat menambah pergerakan aktivitas mereka dengan mengambil pekerjaan tambahan yang mereka bisa lakukan sebagai sampingan dan tidak mengganggu pekerjaan utama mereka.

Fenomena sekarang ini banyak dari generasi muda melakukan pekerjaan sampingan untuk menambahkan penghasilan mereka, disamping untuk membantu pertumbuhan bisnis perusahaan agar maju ke arah yang lebih positif.

Jenis-jenis pekerjaan sampingan juga beragam, ada yang mengharuskan mereka untuk tetap ke kantor, ada juga yang dapat melakukan pekerjaan ini dimanapun dan kapanpun.

Advertisement

Salah satunya adalah dengan menjadi konsultan keuangan yang memberikan edukasi terkait bagaimana memiliki penghasilan tambahan dan dapat membantu pihak lain agar bisa terbebas dari masalah finansial. Contohnya adalah dengan menjadi agen perbankan, seperti menjadi agen referral dari OK Bank Indonesia.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

DIY Siapkan Retribusi Wisata Terintegrasi

Jogja
| Jum'at, 02 Desember 2022, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Punya 100 Gerbong, Kereta Api Ini Mampu Meliuk di Pegunungan Alpen

Wisata
| Kamis, 01 Desember 2022, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement