Advertisement

Wow! Jelang Libur Nataru, Okupansi Hotel Sudah Tembus 87%

Abdul Hamied Razak
Rabu, 14 Desember 2022 - 20:37 WIB
Arief Junianto
Wow! Jelang Libur Nataru, Okupansi Hotel Sudah Tembus 87% Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) DIY, Deddy Pranowo Eryono. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Antusisme wisatawan untuk menghabiskan masa libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) di DIY sangat tinggi. Hal itu terlihat dari reservasi hotel yang kini mencapai 87%.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY, Deddy Pranowo Eryono mengatakan rata-rata reservasi hotel selama libur Nataru di DIY mencapai 87% atau di atas target 80% yang ditargetkan.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Kebanyakan wisatawan memesan kamar antara tanggal 20-31 Desember. Jumlah tersebut diperkirakan masih terus bertambah mendekati libur Nataru. 

"Okupansi hotel rata-rata 87 persen, itu di wilayah Jogja bagian Tengah ya. Di luar itu masih di bawah 80 persen. Selain di Kota Jogja, saya dapat informasi kalau reservasi hotel di wilayah Gunungkidul juga tinggi. Kami berharap saat mendekati libur Nataru okupansi hotel di DIY dapat 100 persen terpenuhi," katanya kepada Harianjogja.com, Rabu (13/12/2022).

BACA JUGA: 7,8 Juta Orang Diperkirakan Masuk Jogja Saat Libur Akhir Tahun, Ini Jalur Macetnya

Optimisme General Manager Hotel Ruba Grha dan Hotel Grha Somaya ini bukan tanpa alasan. Berdasarkan informasi dari PHRI Pusat yang merujuk data dari Kementerian Perhubungan, lanjut Deddy, pada saat libur Nataru ada sekitar 44 juta wisatawan yang ke luar dari Jakarta.

"Sebagian wisatawan itu menuju ke Jogja. Makanya kami juga harus bersiap [menyambut kedatangan wisatawan]," ujar Deddy.

Senada, GM Royal Ambarrukmo, Herman Courbois mengakui okupansi hotel tahun ini justru lebih baik dibandingkan 2019 lalu. Selain menyediakan paket dinner bagi para tamu, pihaknya juga menyiapkan mini konser bagi para tamu.

"Saya yakin, okupansi hotel akan terus meningkat mendekati libur Nataru, ya antara 23-31 Desember. Kalau Jogja berbeda dengan daerah lain, pesannya biasanya last minute," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Dinkes Bantul: Angka Stunting di Kalurahan Selopamioro Tertinggi di Bumi Projotamansari

Bantul
| Kamis, 09 Februari 2023, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Buyer Terkesan saat Membuat Ecoprint & Jalan-jalan ke Tamansari

Wisata
| Kamis, 09 Februari 2023, 06:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement