Advertisement

Ancaman Resesi 2023, Ini Tips Mengatur Keuangan

Novita Sari Simamora
Selasa, 17 Januari 2023 - 04:37 WIB
Bhekti Suryani
Ancaman Resesi 2023, Ini Tips Mengatur Keuangan Simak tips mengatur keuangan dan cara menjadi kaya selama resesi 2023 - istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA– Para ekonom memperkirakan bahwa 2023 akan menjadi tahun resesi global. Simak tips mengatur keuangan dan cara menjadi kaya pada tahun ini.

Dikutip dari Nasdaq, Senin (16/1/2023) resesi bisa membuat Anda stres, tetapi bisa menjadi ajang untuk membangun kekayaan. Anda mungkin pernah mendengar bahwa orang kaya menghasilkan lebih banyak uang dari kemerosotan ekonomi.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Simak beberapa tips mengatur dan cara menjadi kaya pada 2023:

1. Investasi uang sebanyak yang Anda bisa

Cara termudah untuk menjadi kaya selama resesi adalah dengan menginvestasikan uang sebanyak mungkin ke pasar saham. Saat terjadi resesi, kinerja pasar saham menurun.

Anda bisa mengatur konsumsi dan membelanjakan lebih sedikit uang Anda dan sisanya digunakan untuk investasi. Sepanjang tahun ini, ekonom memprediksikan bahwa investor menjual sebagian portofolionya karena takut dan juga membutuhkan uang cash.

Bagi mereka yang memiliki uang untuk diinvestasikan, ini adalah kesempatan yang luar biasa. Harga saham bisa turun 20 persen hingga 30 persen, atau bahkan mungkin lebih.

Meskipun kelihatannya berisiko, pasar akan selalu bangkit kembali setelah resesi. Jika Anda berinvestasi lebih banyak saat harga rendah, Anda dapat membeli saham dengan harga diskon dan mendapatkan keuntungan besar saat pasar pulih.

2. Lindungi penghasilan Anda

Penghasilan yang stabil adalah bagian penting dari kesuksesan keuangan pribadi, termasuk membangun kekayaan. Jika Anda kehilangan pekerjaan, Anda mungkin tidak akan bisa menginvestasikan banyak uang di pasar saham. Lebih buruk lagi, jika tabungan Anda habis, Anda mungkin perlu menjual rendah saham Anda untuk membayar tagihan Anda.

Inilah mengapa sangat penting untuk melindungi penghasilan Anda, yang berarti memastikan Anda selalu memiliki cara untuk menghasilkan uang. Berikut beberapa ide tentang cara melakukannya:

Pada masa resesi global 2023, Anda harus bisa berkinerja terbaik di tempat kerja dan pertahankan pekerjaan Anda. Semakin berharga Anda bagi atasan Anda, semakin besar kemungkinan mereka mempertahankan Anda bahkan jika mereka perlu memangkas staf.

Jangan lupa mencari sumber pendapatan baru. Anda dapat memulai usaha sampingan atau bisnis lepas, meskipun itu hanya sesuatu yang Anda lakukan selama beberapa jam per minggu. Jadikan diri Anda lebih berharga. Pertimbangkan untuk mempelajari keterampilan baru dan memoles resume Anda. Jika Anda perlu mencari pekerjaan baru, ini dapat membantu Anda menemukannya lebih cepat.

3. Kurangi pengeluaran

Orang sering menghabiskan lebih sedikit uang selama resesi. Jika Anda telah mampu mengatur keuangan, maka resesi mungkin bukan masalah besar bagimu.

Namun, alangkah lebih baik, jika Anda memangkas pengeluaran. Yang terpenting adalah jika Anda membelanjakan lebih sedikit, Anda akan memiliki lebih banyak uang untuk dimasukkan ke pasar saham. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Puluhan Juta Dianggarkan Kelurahan Gedongkiwo untuk Tangani Sampah

Jogja
| Selasa, 31 Januari 2023, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Ini Nih... Wisata di Solo yang Instagramable, Ada yang di Dalam Pasar!

Wisata
| Selasa, 31 Januari 2023, 23:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement