Advertisement

Melalui Konsolidator, Perusahaan Tetap Bisa Ekspor Meskipun Hanya 200 Kg

Media Digital
Jum'at, 19 Mei 2023 - 10:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Melalui Konsolidator, Perusahaan Tetap Bisa Ekspor Meskipun Hanya 200 Kg Kegiatan pengecekan barang-barang ekspor yang tiba di Pelabuhan Tanjung Emas belum lama ini. - Ist

Advertisement

JOGJA—Dua kontainer LCL ukuran 20 feet yang memuat barang-barang ekspor tiba di Pelabuhan Tanjung Emas pada Selasa, 9 Mei dan Senin, 15 Mei 2023. Kontainer tersebut merupakan sarana pengangkut dari konsolidator ekspor Jogja, PT. Monang Sianipar Abadi (MSA) Kargo, yang memberangkatkan barang produksi dari 8 perusahaan berbeda.

Sesuai Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) ekspor yang dilaporkan, tercatat sebanyak USD 167.574,2 nilai ekspor yang masuk ke devisa negara. Nilai tersebut berasal dari 8 perusahaan berbeda yaitu Deltomed Laboratories, PT. Natura Aromatik, CV. Buana Mandiri Manunggal, Aliet Gree Ltd, PT. Bingga Damai Utama, PT. Kusuma Mukti Remaja, PT. Wediaraya Prima, dan CV. Sinaring Rejeki. Kedelapan perusahaan ini pun tidak semua berasal dari Yogyakarta, melainkan beberapa diantaranya berasal dari Surakarta, Karanganyar, Jepara, dan Sukoharjo.

Advertisement

Total berat barang ekspor yang diangkut dari Kantor MSA Kargo di Bantul itu mencapai 20 ton. Meskipun demikian, berat tersebut merupakan akumulasi dari : 8,1 ton obat dan minuman herbal, 3 ton patchouli light, 525 kg wooden furniture, 700 kg coconut syrup, 5,1 ton Bali stone, 1,8 ton coconut oil, 207 kg printing cylinder, dan 388 kg rudraksha mala. Tujuan barang ekspor tersebut pun berbeda-beda, yaitu Brunei Darussalam, Malaysia, Thailand, Romania, Dominican Republic, India, dan Spanyol.

Hal ini menunjukkan bahwa ekspor kini semakin mudah. Perusahaan tidak perlu ragu jika barang yang akan diekspor jumlahnya tidak sampai memenuhi 1 kontainer. Dengan bantuan konsolidator Yogyakarta, PT. MSA Kargo untuk pengangkutan, serta pengawasan dan layanan administrasi Bea Cukai Yogyakarta, kegiatan ekspor dapat tetap dilakukan dengan efektif dan efisien. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Pemadaman Jaringan Listrik di Kota Jogja Hari Ini, Cek Lokasi Terdampak di Sini

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 06:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement