Advertisement

BEI DIY Sebut Ada Tiga Aspek Penting dalam Pengembangan Pasar Modal, Apa Saja?

Anisatul Umah
Senin, 30 Oktober 2023 - 20:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
BEI DIY Sebut Ada Tiga Aspek Penting dalam Pengembangan Pasar Modal, Apa Saja? Peresmian Capital Market Summit & Expo (CMSE) 2023 (IST - BEI)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA— Kepala Bursa Efek Indonesia (BEI) Yogyakarta, Irfan Noor Riza menyebut ada tiga aspek penting dalam mengembangkan pasar modal. Di antaranya kemudahan bagi investor, kemudahan bagi emiten, dan pendanaan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Irfan mengapresiasi penyelenggaraan Capital Market Summit & Expo (CMSE) 2023 bertajuk Aku Investor Saham yang digelar selama tiga hari 26-28 Oktober 2023 lalu di Lobby dan Main Hall BEI. Dia menyebut konsep CMSE 2023 ini adalah one stop service bagi masyarakat yang ingin mendapat informasi seputar pasar modal.

Advertisement

"Ada tiga aspek penting dalam mengembangkan pasar modal, yaitu kemudahan bagi investor, kemudahan bagi emiten, dan pendanaan UMkM. CMSE 2023 diharapkan dapat mendorong lebih banyak masyarakat untuk berinvestasi di pasar modal," ucapnya dalam keterangan resminya dikutip, Senin (30/10/2023).

Baca Juga: BEI DIY Catat Terjadi Penambahan 4.096 Investor pada September 2023

Menurutnya, acara expo dan seminar akan bermanfaat bagi mereka yang ingin mengenal lebih jauh tentang investasi di pasar modal. CMSE 2023 juga memfasilitasi calon emiten potensial termasuk UMKM yang ingin memperoleh informasi tentang IPO.

"Kami tentunya berharap bahwa program CMSE ini secara rutin diselenggarakan sehingga akan memberi banyak manfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia," kata Irfan.

Baca Juga: BEI DIY Targetkan Satu Emiten Go Public Lagi Tahun Ini

Sementara itu, Direktur Pengembangan BEI, Jeffrey Hendrik menyampaikan pelaksanaan CMSE 2023 disambut dengan antusias oleh seluruh pemangku kepentingan pasar modal Indonesia. Tercatat dari 65 booth terisi oleh 83 exhibitor, ada 9 seminar, dan 1 workshop Go Public.

"Selama tiga hari pelaksanaan, sebanyak 50 narasumber dan moderator telah hadir untuk berbagi ilmu sekaligus pengalaman berinvestasi, tercatat sebanyak 8.444 pihak yang telah melakukan pendaftaran ke situs web cmse2023.id," jelasnya.

Baca Juga: Di Jogja, Tukang Parkir Jadi Investor Pasar Modal loh

Total pengunjung yang mengikuti rangkaian CMSE 2023 berjumlah 17.446, terdiri dari 10.101 kali total pengunjung yang hadir secara fisik dan sebanyak 7.345 viewer mengikuti sesi seminar dalam rangkaian CMSE 2023 secara daring melalui YouTube.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir memberikan apresiasi atas penyelenggaraan CMSE 2023 'Aku Investor Saham'. Erick menekankan pentingnya strategi, disiplin, dan kerja keras dalam investasi, sebagaimana halnya dalam olahraga.

"Anak muda seharusnya sudah mulai berinvestasi, salah satunya di pasar modal Indonesia, untuk masa depan yang lebih baik," ucap Erick yang juga menjabat Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Joko Pinurbo Sempat Menitipkan Pesan Ini lewat Harianjogja.com Dua Tahun yang lalu

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement