Advertisement

Jokowi Buka Opsi Perpanjangan Kontrak Freeport 20 Tahun, Ini Syaratnya

Akbar Evandio
Selasa, 14 November 2023 - 19:37 WIB
Mediani Dyah Natalia
Jokowi Buka Opsi Perpanjangan Kontrak Freeport 20 Tahun, Ini Syaratnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA–Kontrak tambang PT Freeport Indonesia akan berakhir pada 2041. Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka opsi mutualisme sehingga dapat diperpanjang 20 tahun lagi atau berakhir pada 2061.

Kendati demikian, pemerintah memang memiliki persyaratan yang harus dipenuhi agar perpanjangan kontrak tersebut dapat terealisasi, yakni Indonesia juga akan mendapat tambahan saham 10% yang kini sudah memiliki mayoritas saham Freeport sebanyak 51%. Kepala Negara pun menyambut baik pembahasan mengenai penambahan divestasi saham Freeport sebanyak 10% untuk Indonesia hingga perpanjangan izin tambang yang telah mencapai tahap akhir.

Advertisement

Baca Juga: PT Freeport Pecahkan Rekor Dunia Pembentangan Bendera Merah Putih

Hal ini disampaikannya saat menerima Chairman Freeport McMoRan, Ricard Adkerson di Hotel Waldorf Astoria, Washington DC, Amerika Serikat, pada Selasa (14/11/2023). “Saya senang mendengar pembahasan penambahan [divestasi] 10 persen saham Freeport di Indonesia dan perpanjangan izin tambang selama 20 tahun telah capai tahap akhir,” ungkap Presiden Jokowi kepada Ricard Adkerson.

Presiden Jokowi pun berharap agar langkah divestasi saham atau kepemilikan saham untuk Indonesia sebanyak 10% itu dapat diselesaikan pada akhir November 2023. "[Saya harap] selesai di akhir bulan ini," pungkas Jokowi.

Baca Juga: Freeport Indonesia Buka Lowongan Kerja, Gajinya Tak Main-Main!

Sebelumnya pada Juni 2023, orang nomor satu di Indonesia itu pun meminta agar kepemilikan saham Indonesia di PT Freeport Indonesia (PTFI) bertambah hingga mencapai di atas 51%. Menurutnya, hingga saat ini pemerintah masih melakukan proses pembicaraan terkait dengan perpanjangan ijin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) yang akan rampung pada 2041, di mana salah satu syaratnya Freeport harus melepas saham kembali ke pemerintah.

“Divestasi Freeport masih terus, ini masih proses pembicaraan terus. Intinya kami minta tambahan presentasenya, bukan di 51 persen, tetapi ada tambahan persentase lagi,” kata Jokowi kepada wartawan di Smelter Tembaga Freeport Indonesia, Selasa (20/6/2023).

Baca Juga: Bos Freeport AS Bicara Perpanjangan Kontrak & RI Tambah Saham

Lebih lanjut, Kepala Negara pun menegaskan pemerintah meminta tambahan persentase yang lebih besar untuk kepemilikan saham bagi PT Freeport Indonesia (PTFI). Saat ini kepemilikan saham Indonesia di Freeport ialah sebesar 51%. “Yang jelas lebih besar dibandingkan yang sekarang,” tandas Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Joko Pinurbo Meninggal, Kemendikbudristek: Penyair Legendaris Tuai Beragam Penghargaan

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement