Advertisement

Aksi Boikot Produk Pro Israel Bikin Pengusaha Ritel Menjerit

Dwi Rachmawati
Rabu, 15 November 2023 - 19:57 WIB
Arief Junianto
Aksi Boikot Produk Pro Israel Bikin Pengusaha Ritel Menjerit Ilustrasi ritel. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Aksi pemboikotan produk Israel yang diserukan sejumlah pihak sejak sepekan terakhir bikin kinerja penjualan ritel (eceran) merosot.

Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) mengakui adanya dampak produk Israel yang diboikot tersebut pada penurunan kinerja penjualan.

Advertisement

Ketua Umum Aprindo, Roy Nicholas Mandey membeberkan dampak buruk aksi boikot produk yang diduga pro Israel terhadap usaha ritel. Adanya penurunan penjualan ritel terjadi di beberapa daerah sekitar 3%-4% selama seruan aksi boikot kurang dari sepekan. "Kami mulai berkomunikasi dengan anggota, khususnya anggota yang mulai terdampak," ujar Roy, Rabu (15/11/2023).

Dia menjelaskan, sekitar 20% produk yang dijual di ritel modern masuk dalam kategori produk fast moving consumer goods (FMCG) yang menyumbang pendapatan hingga 80%. Adapun, produk di luar kategori FMCG, berkontribusi terhadap 20% pendapatan ritel.

Menurut Roy, apabila terjadi pengurangan konsumsi secara berkepanjangan akibat aksi boikot terhadap produk-produk FMCG, bakal berisiko menurunkan produktivitas ritel. Bahkan, risiko penurunan penjualan ritel bisa mencapai 50%.

Di sisi lain, lanjutnya, produsen juga akan terdampak dari aksi boikot berkepanjangan terhadap produk yang diduga pro Israel.

Risiko yang paling mungkin terjadi adalah pemutusan hubungan kerja (PHK) sebagai upaya efisiensi di tengah penurunan permintaan. "Begitu produsen terdampak, kami pasti akan terdampak, mereka [produsen] akan mengurangi produksinya, ya kami [pengusaha ritel] juga berkurang omzetnya," kata dia.

Oleh karena itu, pelaku ritel berharap kepada pemerintah untuk segera hadir memberikan solusi yang relevan dalam kondisi saat ini.

Menurut Roy, ada hak konsumen yang perlu dilindungi di tengah seruan aksi boikot dan pertimbangan dampak ekonomi secara lebih luas.

BACA JUGA: Elon Musk Berencana Memberikan Akses Internet ke Gaza, Israel Ancam Boikot Starlink

Kendati begitu, Roy menegaskan bahwa pihaknya tetap mendukung pemerintah untuk mendorong aksi kemanusian dan mendukung perdamaian di Palestina.

Pemerintah, kata Roy, bisa membuat aksi kemanusiaan yang melibatkan masyarakat Indonesia untuk membantu warga Palestina, alih-alih membiarkan aksi boikot semakin meluas dan berlangsung lama.

Sebaliknya, aksi boikot yang berkepanjangan dikhawatirkan akan menggerus daya beli, produktivitas pelaku usaha hingga risiko kandasnya investasi maupun pertumbuhan ekonomi. "Perlu ada langkah yang relevan dan adaptif yang dilakukan pemerintah. Apa langkah tepat untuk misi perdamaian yang melibatkan masyarakat tanpa harus menghilangkan hak konsumen," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ratusan Pelajar SMP Jalani Tes Identifikasi Bakat Cabor Atletik di Stadion Tridadi

Jogja
| Selasa, 30 April 2024, 21:07 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement