Advertisement

Hotel Dilarang Aji Mumpung saat Liburan Akhir Tahun, Kenaikan Tarif Maksimal 15%

Anisatul Umah
Jum'at, 08 Desember 2023 - 16:27 WIB
Arief Junianto
Hotel Dilarang Aji Mumpung saat Liburan Akhir Tahun, Kenaikan Tarif Maksimal 15% Ilustrasi Hotel / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY sepakat bahwa tarif hotel selama masa pada periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024 akan menggunakan publish rate, sama dengan momen Nataru tahun lalu.

Ketua PHRI DIY, Deddy Pranowo menyampaikan, jika ada kenaikan disepakati maksimal 15%. "Kalau hari biasa enggak pakai publish rate, tapi dynamic rate. Kami sepakati di periode 20 Desember 2023-2 Januari 2024 kami pakai harga publish rate, kalau ada kenaikan batasan maksimal 15 persen," ucapnya, Jumat (8/12/2023).

Advertisement

Kemudian saat momen Nataru biasanya masing-masing hotel mengadakan event, seperti makan malam, hiburan, dan lain-lain. Tarif ini masuknya ke harga paket, karena fasilitas yang diterima juga berbeda-beda.

"Paling penting kami sepakat jangan pakai aji mumpung, ini yang kami tekankan ke teman-teman anggota PHRI. Tetapi perlu diketahui rate Jogja lebih tinggi dari kota sebelah, dari dulu seperti dulu seperti itu," paparnya.

BACA JUGA: Libur Nataru, Okupansi Hotel di Sleman Sudah Capai 90 Persen

Salah satu kekhawatiran dari PHRI DIY adalah hotel-hotel di luar anggota yang menaikkan tarif semena-mena. Misalnya bisanya ratusan ribu dinaikan menjadi di atas satu juta. "Ini sering terjadi setiap tahun, sehingga seolah-olah hotel di Jogja mahal, padahal bukan anggota kami," jelasnya.

Terkait dengan reservasi, menurutnya, di periode 20 Desember 2023-2 Januari 2024 untuk Kota Jogja dan Sleman rata-rata sudah di 60%-70%. Sementara untuk Gunungkidul, Kulonprogo, dan Bantul masih di kisaran 40%.

General Manager Novotel Suites Yogyakarta Malioboro, Novi Soesanto mengatakan reservasi Desember 2023 sudah mencapai 76%. Lebih baik dibandingkan periode yang sama tahun lalu 70%. "Namun ini tidak mewakili hotel secara keseluruhan," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Tiga Parpol di Gunungkidul Kirim Wajah Baru ke DPRD, Caleg Pendatang Baru Menang Telak Atas Petahana

Gunungkidul
| Senin, 04 Maret 2024, 19:52 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Bidik Turis Portugal sebagai Pasar Pariwisata

Wisata
| Minggu, 03 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement