Advertisement

Cerita Ahmad Isroi, Beternak Domba Justru di saat Pandemi

Galih Eko Kurniawan
Sabtu, 27 April 2024 - 12:07 WIB
Galih Eko Kurniawan
Cerita Ahmad Isroi, Beternak Domba Justru di saat Pandemi Peternakan domba An Najah di Desa Blimbing, Kecamatan Bruno, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. - Harian Jogja - ist

Advertisement

Harianjogja.com, PURWOREJO—Pandemi Covid-19 tak membuat Ahmad Isroi menghentikan kegiatan produktifnya. Di sela-sela kesibukan jadi kepala sekolah, dia merintis usaha ternak domba yang dinamai Sentra Domba An Najah.

Tinggal di Tegalsari, Kecamatan Bruno, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, pada 28 Agustus 2020, Ahmad bersama empat rekannya mulai menernakkan domba jenis marino, tessel dan beberapa lokal.

“Semangatnya kala itu, tetap berkarya di desa, jangan sampai menganggur. Keempat rekan saya itu kan kena pemutusan hubungan kerja di perantauan lalu pulang Bruno. Dari situ, mereka saja ajak beternak domba,” ungkapnya kepada Harian Jogja, Sabtu (27/4/2024).

Seiring perkembangan waktu, bisnis domba sangat diterima. Ini terbukti intensitas penjualan yang lancar dan semakin jauh merambah ke luar kota, luar provinsi. Sebut saja ke Tangerang, Tegal, Blitar, Kudus ataupun Malang.

Penjualan yang dilakukan menggunakan sistem daring dan pengirimannya memanfaatkan transportasi sewa, semacam taksi peternakan.

Isroi mengaku terjun ke dunia peternakan di masa pandemi setelah mendapat sokongan permodalan dari BRI. Bank pelat merah yang memang sudah sangat diakrabi karena sekolah yang dikepalainya, MTs Maarif NU 02 Bruno, punya ekosistem pembayaran menggunakan BRI.

Advertisement

“Dari MTs jadi mitra BRI lantas merambah secara pribadi. Saya kemudian merekrut teman-teman pemuda korban Corona untuk bergerak di bidang domba. BRI punya inisiatif kandang domba kami jadi klaster kandang domba An Najah,” ucapnya.

Peternakannya lantas mendapat pembinaan dari BRI. Dapat fasilitas pinjaman kredit usaha rakyat yang dinilai cukup membantu. Bank milik pemerintah itu juga mengundang wartawan agar Sentra Domba An Najah mendapat kesempatan untuk diekspos.

Dari beragam aktivasi yang dilakukan BRI, An Najah merasakan sekali peningkatan penjualannya secara signifikan. KUR yang diberikan juga dianggap pas karena memberi kesempatan tempo selama sembilan bulan.

An Najah lantas dijadikan klaster peternakan domba karena warga di Tegalsari mulai banyak yang mengikuti kiprah Isroi untuk beternak domba. Sebelumnya, para peternak lebih memilih untuk memelihara kambing Jawa.

“Saya lebih memilih domba karena pakannya cukup mudah didapat, yakni rumput. Tabiat hewannya juga tidak rusuh sehingga aman kalau di kendang,” ucap Isroi.

Kini, An Najah tetap memilih untuk memasarkan domba secara daring dengan alasan lebih hemat biaya dan tenaga ketimbang penjualan secara luring. Selain itu, domba tidak stres di bawa ke sana kemari.

“An Najah dapat berkah banyak ketika dijadikan klaster oleh BRI. Banyak warga yang berkonsultasi ke sini [An Najah], terutama soal pemasaran. Semoga An Najah terus mendapat perhatian dari BRI,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Capaian Vaksin Difteri Tahap 2 di Tamanmartani Belum Optimal, Dinkes Sleman Lakukan Sweping ke Sekolah

Sleman
| Minggu, 12 Mei 2024, 19:57 WIB

Advertisement

alt

Unik, Ada Lampu Bangjo Khusus Unta di Tengah Gurun Pasir

Wisata
| Sabtu, 11 Mei 2024, 18:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement