Advertisement

Peringatan Gempa Megathrust, PHRI DIY: Picu Geliat Wisata Menurun

Anisatul Umah
Jum'at, 13 September 2024 - 13:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Peringatan Gempa Megathrust, PHRI DIY: Picu Geliat Wisata Menurun Ilustrasi kamar hotel Greenhost. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY membenarkan peringatan gempa megathrust membuat geliat wisata di DIY menurun.

Ketua PHRI DIY, Deddy Pranowo menyampaikan peringatan ini sudah berdampak kepada okupansi hotel, serta pada resto. Meski berdampak, Deddy menyebut tidak signifikan.

Advertisement

Berdasarkan catatan PHRI DIY okupansi pada Agustus 2024 rata-rata 40-45%, dan untuk bulan ini sampai 12 September 2024 okupansinya sekitar 25%. "Iya benar, isu-isu tersebut [berdampak]. Dampaknya dirasakan di Agustus dan sekarang," kada Deddy, Jumat (13/9/2024).

BACA JUGA: Gempa Bumi M4,5 Kembali Guncang Jogja, BMKG: Dampak Kontak Antar Lempeng atau Megathrust

Dia menjelaskan dari PHRI DIY sudah melakukan upaya-upaya mitigasi melalui berbagai pelatihan. Pelatihan digelar dengan bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY di beberapa hotel.

Tujuannya agar wisatawan merasa aman dan nyaman selama tinggal di hotel-hotel DIY. Lewat upaya mitigasi ini PHRI DIY ingin menyampaikan kepada wisatawan bahwa stay di hotel-hotel anggota PHRI DIY akan aman dan nyaman.

"Kami sudah melakukan antisipasi serta pelatihan-pelatihan. Hal ini seharusnya juga dilakukan di objek-objek wisata, desa wisata, dan lainnya," jelasnya.

BACA JUGA: Menteri Sandiaga Imbau Destinasi Wisata di Pesisir Tingkatkan Kewaspadaan Seiring Potensi Gempa Megathrust

Sebelumnya, Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bantul mengakui jika isu megathrust dan dikeluarkannya SE No.360.0/2094 yang ditandatangani Sekda Provinsi Jateng, Sumarno berdampak pada penurunan jumlah wisatawan ke pantai selatan Bantul.

Hal tersebut disampaikan oleh Sub Koordinator Kelompok Substansi Promosi Kepariwisataan Dispar Bantul Markus Purnomo Adi. Berbagai langkah dilakukan Dispar untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di pantai selatan Bantul. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Top Ten News Harianjogja.com Rabu 18 September 2024: Penyerahan Sertifikat SG PAG hingga Logistik Pemilu

Jogja
| Rabu, 18 September 2024, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Wisata Kampung Belgia di Jember Tawarkan Agrowisata Heritage

Wisata
| Minggu, 15 September 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement