Advertisement

Memperluas Literasi APBN, DJPb DIY Kerjasama dengan UPN Veteran Yogyakarta

Anisatul Umah
Kamis, 26 September 2024 - 20:27 WIB
Maya Herawati
Memperluas Literasi APBN, DJPb DIY Kerjasama dengan UPN Veteran Yogyakarta Pembukaan Expo UMKM di UPNVY, Kamis (26/9 - 2024). / ist

Advertisement

JOGJA—Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPb) DIY menggelar Memorandum of Understanding (MoU) dengan UPN Veteran Yogyakarta (UPNVY) dalam rangka mendorong perluasan literasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Penandatanganan ini dilakukan langsung oleh Rektor UPNVY dalam rangkaian acara Diseminasi Kajian Fiskal Regional (KFR) Triwulan II 2024 dan Expo UMKM di UPNVY, Kamis (26/9/2024).

Advertisement

Kepala Kanwil DJPb DIY, Agung Yulianta mengatakan MoU ini bukan hanya kegiatan formalitas, namun wujud kolaborasi agar akademisi di UPNVY bisa mendapatkan literasi lengkap tentang keuangan negara. Informasi langsung yang diperoleh UPNVY juga bisa meminimalisir misinformasi.

Dia mengatakan saat ini sudah ada Tax Center dan ke depan akan diadakan APBN Center. Sehingga literasi yang diperoleh bisa lebih luas lagi terkait dengan pajak, bea cukai, aset, dan treasury.

Melalui MoU ini diharapkan civitas akademika bisa berkontribusi dan berpartisipasi melihat berbagai kebijakan keuangan negara.

"Apakah dengan penelitian, analisis, dan berikan masukan kepada kami. Kami akan senang dan menyambut baik," ucapnya.

Agung mengatakan berbagai data yang dibutuhkan untuk penelitian akan disupport. Sehingga bisa memperluas akses edukasi keuangan negara.

Lebih lanjut dia mengatakan rangkaian kegiatan yang digelar mulai dari Expo UMKM, Diseminasi KFR, dan MoU menjadi wujud kolaborasi Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dengan akademisi.

BACA JUGA: Alokasi Gaji PPPK Menyusut di 2025, Ini Sebabnya

Para akademisi ini diharapkan bisa menjadi corong untuk menginformasikan berbagai kebijakan APBN dengan informasi yang akurat.

"Semakin peduli dengan APBN, peduli mengawalnya, dan peduli berpartisipasi. Sehingga dalam implementasinya bisa mengawal dengan baik," lanjutnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UPNVY, Hendro Widjanarko mengatakan UPNVY akan selalu mendukung kegiatan-kegiatan dari Kemenkeu, seperti upaya literasi ini.

Ia mengharapkan kolaborasi ini tidak hanya berhenti di MoU tapi sampai ke realisasi kegiatannya. "Kami sudah ada Tax Center, kedepan kami akan bentuk APBN Center," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kebakaran Akibat Pembakaran Sampah di Bantul Mencapai 104 Kejadian

Bantul
| Jum'at, 27 September 2024, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Solo Traveling sedang Tren, Ini 5 Negara Terbaik bagi Para Solo Traveler

Wisata
| Selasa, 24 September 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement