Advertisement

Penetrasi Internet Bagi Subsektor Ekraf Masih Rendah

Holy Kartika Nurwigati
Jum'at, 13 Juli 2018 - 06:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Penetrasi Internet Bagi Subsektor Ekraf Masih Rendah Ilustrasi belanja online - Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Penetrasi Internet untuk dimanfaatkan sebagai pendukung usaha kreatif masih rendah. Terutama pemanfaatannya untuk pelaku ekonomi kreatif di subsektor kuliner, fesyen dan kriya.

 

Advertisement

Hal itu diungkapkan Direktur Riset dan Pengembangan Bekraf Wawan Rusiawan belum lama ini. Wawan menuturkan rendahnya pentrasi teknologi Internet untuk dunia usaha ini dialami di hampir seluruh daerah. 

"Mungkin bagi pelaku ekonomi kreatif di bidang game dan animasi, pemanfaatan teknologi informasi sangat mudah diakses. Namun bagi ketiga subsektor [kuliner, fesyen dan kriya], hal itu masih menjadi kendala," ujar Wawan. 

Wawan menambahkan dari 172.230 pelaku ekonomi kreatif di DIY (lihat grafis), baru sekitar 500 pelaku usaha yang telah mendaftarkan diri menjadi anggota dari Bekraf. Banyaknya pelaku usaha yang belum tergabung dalam database Bekraf Information System in Mobile Application (BISMA), karena terkendala oleh rendahnya kemampuan akan pemanfaatan teknologi. 

Lebih lanjut Wawan memaparkan rendahnya literasi teknologi membuat para pelaku ekonomi kreatif ini kesulitan untuk mendaftar menjadi anggota BISMA. Padahal tiga subsektor tersebut merupakan yang paling dominan dari 16 subsektor ekonomi kreatif yang ada di Bekraf. 

"Makanya kami sering membantu mereka untuk mendaftarkan diri. Karena untuk pendaftaran kami sudah memanfaatkan platform digital," ucap Wawan. 

Banyaknya jumlah pelaku usaha ekonimi kreatif di tiap subsektor memperlihatkan potensi yang besar untuk pengembangan bisnis ini. Karena itu Bekraf akan selalu berkoordinasi dan memfasilitasi agar terjadi kolaborasi antar pelaku kreatif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Sabtu 20 April 2024: Normalisasi Tanjakan Clongop hingga Kuota CPNS

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement