Mau Berkembang? UMKM Harus Tahu Potensi Usaha

Mau Berkembang? UMKM Harus Tahu Potensi UsahaPengunjung mengunjungi Stand Kabupaten Sleman di acara Apkasi Otonomi Expo 2018, Minggu (8/7/2018).Ist - Humas pemkab Sleman
13 Juli 2018 08:30 WIB Rheisnayu Cyntara Ekbis Share :
Jual Beli Online Aman dan Nyaman - Tokopedia

Harianjogja.com, JOGJA—Agar bisnisnya berkembang, para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) harus tahu potensi usahanya masing-masing. Dengan memahami potensinya, UMKM bisa menyusun strategi yang tepat dalam mengelola bisnisnya. 

Owner Waroeng Spesial Sambal Yoyok Hery Wahyono mengaku itulah yang ia terapkan dalam mengelola usahanya selama 16 tahun. Sejak masih berbentuk warung tenda, ia sudah sadar potensi bisnis kulinernya bergantung pada rasa. Oleh sebab itu hingga kini, ia terus berusaha terus menggarap potensi tersebut dengan serius. Menu selalu ia perbaharui dan perbaiki meskipun tidak ada konsumen yang mengeluh rasanya tak enak. "Kalau sekarang enak, kami harus bikin jadi enak banget. Lalu jadi ngangeni, kemudian pelanggan harus ketagihan," ujarnya saat mengisi seminar Business Development Service (BDS) dengan tema Manajemen Bisnis Zaman Now untuk Pelaku UMKM di Hotel Cavinton, Rabu (11/7). 

Kepala Bidang Pendaftaran Ekstensifikasi dan Penilaian Kanwil DJP DIY Agung Prabowo mengatakan pelatihan ini diadakan oleh Kanwil Ditjen Pajak DIY beserta KPP Pratama Bantul dan memang khusus ditujukan para UMKM yang menjadi pilar penting dalam menopang perekonomian bangsa. Tujuannya memberikan pelatihan dan pembinaan kepada pelaku UMKM melalui seminar ataupun workshop dengan materi terkait keperluan UMKM. Sebelumnya berbagai pembinaan diberikan kepada UMKM seperti pembukuan sederhana, branding produk, dan strategi pemasaran. 

Kali ini, seminar membahas beberapa hal seperti teknik model business canvassing yang menggambarkan model bisnis secara skematis dan sistematis, berjualan melalui marketplace, dan juga strategi bisnis yang bisa diterapkan UMKM melalui success story Waroeng SS. Agung menjelaskan kegiatan ini rutin dilakukan Kanwil DJP DIY untuk meningkatkan kapasitas UMKM. Diharapkan UMKM yang mulanya masih kecil dapat didorong agar tumbuh pesat. 

"Setelah mengikuti seminar BDS ini, kami harap usaha para pelaku UMKM dapat semakin berkembang dan nantinya bisa memberikan dampak kepada pertumbuhan ekonomi, yang pada akhirnya dapat turut berkontribusi membayar pajak," ujarnya. Ia menambahkan seminar ini dihadiri sebanyak 100 peserta pelaku UMKM dan bekerjasama dengan Komunitas Penggiat Bukalapak Jogja.

Jual Beli Online Aman dan Nyaman - Tokopedia