Advertisement

Galeri Mii Bikin Bingkai Kekinian, Bidik Pasar Anak Muda

Maya Arina Pramudita
Jum'at, 27 Juli 2018 - 18:35 WIB
Maya Herawati
Galeri Mii Bikin Bingkai Kekinian, Bidik Pasar Anak Muda Muhammad Ikhsan dan Zulis Nur Afifah - Harian Jogja/Maya Arina Pramudita

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Ada banyak momentum dalam kehidupan para anak muda yang bisa menjadi peluang bisnis. Hal itu dibidik oleh pasangan suami istri pemilik Galeri Mii. Mereka menciptakan kerajinan berupa bingkai simpel tetapi unik untuk menandai berbagai momentum seperti ulang tahun, pernikahan dan wisuda.

Sepasang suami istri, Muhammad Ikhsan, 29 dan Zulis Nur Afifah, 27 mendirikan Galeri Mii pada Januari 2018. Usaha ini menyediakan kado unik berupa bingkai berisi tulisan dan gambar kekinian. Ikhsan menyebut, Galeri Mii mendapat repons positif dari anak muda yang ingin memberikan bingkisan kepada teman atau keluarga mereka.

Advertisement

Ikhsan bercerita awalnya ia ingin memberikan hadiah kepada teman yang menikah. “Pada dasarnya saya penyuka design grafis dan fotografi, jadi ketika ada teman menikah, saya pingin membuat kado yang ekslusif, unik dan lain daripada yang lain. Semakin lama desain dan sample karya saya yang awalnya hanya bertujuan sebagai kado. Hingga istri saya mempunyai ide menjadikan hasil design yang saya buat tersebut untuk dibisniskan. Akhirnya di bulan Januari 2018 kami mantap untuk memulai membuka pemesanan secara online. Alhamdulillah respons peminat langsung banyak,” terang Ikhsan.

Produk Galeri Mii memberi kebebasan kepada pembeli untuk memilih warna, desain dan bentuk dalam pesanan custom. Ada dua jenis produk yang dijual Galeri Mii yaitu frame dan pigura kayu. Frame khusus untuk membingkai foto atau desain unik. Sedangkan pigura kayu khusus untuk lukisan.

Produk Frame tersebut bisa digunakan sebagai kado pernikahan, wisuda, kenang-kenangan, maupun hiasan ruangan.

Tagline yang disematkan pada usaha miliknya adalah It’s All About Unique Craft and Gift yang artinya semua tentang kerajinan dan hadiah unik. Tagline itu memberi Ikhsan dan istrinya ruang pengembangan produk. Ia menyebut akan menambah varian produk yang bentuknya unik dan ekslusif.  “Saat ini kami baru proses survei dan melihat tren pasar dulu doakan segera meluncur produk barunya,” tutur Zulis.

Harga frame maupun pigura unik karya Galeri Mii dibanderol mulai dari Rp80.000-Rp200.000 per produk. Frame dengan varian warna kayu cokelat dengan style vintage menjadi salah satu produk best seller di Galeri Mii, selain itu frame yang ditujukan bagi hadiah pernihakan dan hadiah wisuda menjadi produk yang paling sering dipesan pembeli.

“Varian warnanya yang paling laris biasanya warna kayu coklat bagi yang menginginkan produk vintage dan warna putih bagi yang menginginakan kesan simpel. Mungkin karena hal-hal yang berbau simpel, vintage dan natural baru ngehits sekarang,” kata Zulis.

Bahan Baku

Dalam bahan baku yang digunakan, Galeri Mii menggunakan bahan kayu, kaca, papan kayu dan masih banyak lagi. Ikhsan dan Zulis mengaku tidak mendapat kesulitan mendapatkan bahan baku di Jogja. Bekerja sama dengan perajin lokal, Ikhsan memiliki tugas untuk mendesain gambar sesuai pesanan pembeli sekaligus menjadi fotografer. Sedangkan Zulis bertugas sebagai marketing dan packing.

“Untuk pengerjaannya kami [kerjakan selama] dua hingga empat hari. Tergantung jenis pemesanannya juga sih. Beberapa frame ukuran tertentu ada yang sudah ready stock. Tapi untuk yang custom model dan ukuran yang jarang digunakan bisa lebih dari  dua sampai empat hari itu pengerjaannya,” terang Ikhsan.

Kepada Harian Jogja, Zulis menjelaskan bahwa saat ini proses pemasarannya baru melalui sosial media Instagram. Kedepannya, Galeri Mii juga akan memasarkannya lewat marketplace agar lebih mudah proses pemesanannya.

Galeri Mii biasanya mendapat pesanan ramai pada musim-musim wisuda dan pernikahan, hingga grafik penjualannya meningkat pada waktu tersebut. Untuk teknis pemesanan produk hampir sama seperti galery shop pada umumnya.

Ikhsan menjelaskan pembeli dapat menghubungi via DM Instagram, kontak via email maupun whatsapp. Untuk order tahap awal selanjutnya desain dikirimkan via whatsapp, email maupun sosial media yang dapat mengirimkan konten berupa gambar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Libur Lebaran Usai, Berikut Jadwal dan Tarif Terbaru Bus Damri dari Jogja ke Bandara YIA

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement