Advertisement

Technoplast Berdayakan Desainer Lokal untuk Desain Wadah Plastik

Jalu Rahman Dewantara
Jum'at, 10 Agustus 2018 - 07:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Technoplast Berdayakan Desainer Lokal untuk Desain Wadah Plastik Jajaran direksi PT Trisinar Indopratama menunjukkan produk Technoplast dalam acara Media Factory Visit yang diselenggarakan di Jakarta, Rabu (8/8). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—PT Trisinar Indopratama melalui merek Technoplast memberikan kesempatan pada desainer lokal berkreasi mendesain wadah makanan dan botol minuman plastik.

CEO Technoplast Sjamsoe Fadjar Indra mengatakan langkah ini adalah wujud tagline Global With Local Potential yang tengah digemborkan perusahaan berbasis plasticware tersebut. Upaya memberdayakan desainer lokal ini sebelumnya pernah dilakukan Technoplast dengan mengadakan lomba desain produk pada 2015 silam. Hasilnya dimenangkan mahasiswa ITB.

Advertisement

Desain kreasi mahasiswa tersebut berupa kotak makanan dengan konsep puzzle. "Dan respons masyarakat terhadap kotak makan berkonsep puzzle itu sangat baik, bahkan menjadi hotlist di situs jual beli daring," kata Fadjar saat Media Factory Visit di Tangerang, Rabu (8/8) lalu.

Dia menjelaskan implementasi tagline tidak hanya memberdayakan desainer lokal, lebih dari itu juga sebagai upaya mengurangi ketergantungan perusahaan terhadap desain berlisensi internasional.

Sebagaimana diketahui Technoplast menjadi satu-satunya perusahaan asli Indonesia yang mendapat lisensi untuk memasang gambar karakter kartun dan tokoh terkenal dunia. Di antaranya seperti karakter dari Walt Disney dan Universal.

Adapun sertifikat yang dikeluarkan Walt Disney telah melalui audit ketat menggunakan WCA Intertek, yang meliputi labour standard, wages and hours, health and safety, management systems dan environment.

Sedangkan kepemilikan sertifikat PT Trisinar Indopratama dari Universal, dikeluarkan AECOM atas nama NBCU Universal. Menurutnya, standar yang berhasil dipenuhi mencakup labour standard, environment dan health and safety.

Director of Manufacturing Technoplast Sjamsoe Tahar Indra mengatakan selain lisensi gambar, pihaknya juga mengantongi sejumlah sertifikat standardisasi kualitas produk. Salah satunya adalah adanya ISO 9001: 2015, SNI serta WCA. "Hal ini tentu harus bisa kami dapat guna menunjang kemanan bagi para konsumen," kata Tahar. Dia menjelaskan produksi 8.000 produk per tahun harus diimbangi dengan standar keamanan pangan.

Sementara itu menyikapi dinamika fluktuasi manufaktur, Director of Marketing and Sales Technoplast Ellies Kiswoto mengaku memiliki strategi khusus. Salah satunya dengan mengikuti pameran baik lokal maupun mancanegara, dan juga promosi ke sejumlah daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Sabtu 20 April 2024: Normalisasi Tanjakan Clongop hingga Kuota CPNS

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement