Advertisement

Asian Games Sumbang Pertumbuhan Ekonomi RI

Hadijah Alaydrus
Minggu, 19 Agustus 2018 - 22:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Asian Games Sumbang Pertumbuhan Ekonomi RI Logo Asian Games 2018 - Wikipedia

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Pemerintah optimistis pertumbuhan ekonomi kuartal III/2018 bisa mencapai 5,3%. Pertumbuhan ini turut disumbang dengan penyelenggaraan Asian Games 2018.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian Iskandar Simorangkir memperkirakan dampak Asian Games 2018 terhadap pertumbuhan ekonomi pada kuartal III/2018 akan signifikan. "Mungkin di kisaran 5,3 persen pada kuartal ketiga. Dampak Asian Games signifikan," katanya, Minggu (19/8).

Advertisement

Adapun sektor yang akan terdorong seperti pariwisata melalui hotel, restauran dan lain sebagainya. Sementara itu, sektor infrastruktur tidak akan besar karena sebagian besar telah dikeluarkan pada kuartal II/2018.

Sebelumnya, Mei 2018, Bappenas melansir acara internasional ini memiliki dampak ekonomi dengan nilai total Rp 45,1 triliun. Angka ini disumbang oleh pengeluaran selama acara, baik oleh warga negara asing (WNA) maupun Indonesia (WNI), yang diperkirakan mencapai Rp 3,6 triliun.

Ditambah lagi dengan investasi infrastruktur dan biaya operasional yang diperkirakan mencapai masing-masing Rp34 triliun dan Rp7,2 triliun. Biaya infrastruktur tersebut termasuk pembangunan light rail transit (LRT), wisma atlet, renovasi Gelora Bung Karno dan Stadium Jakabaring serta infrastruktur pendukung lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement