Advertisement

E-Katalog Mempermudah Pengadaan Barang

Nina Atmasari
Selasa, 04 September 2018 - 23:17 WIB
Nina Atmasari
E-Katalog Mempermudah Pengadaan Barang Kepala Bagian Pembangunan Setda Banyumas Sakti Suprabowo memukul gong saat membuka acara sosialisasi e-katalog yang digelar Bhinneka.com di Hotel Aston Imperium Purwokerto, Kamis (9/8/2018). - Ist/ Dok LKPP

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Saat ini e-katalog menjadi instrumen baru dalam menciptakan pengadaan barang atau jasa pemerintah yang lebih terbuka dan efisien. Dengan e-katalog pembelian barang jadi lebih mudah.

"Melalui e-katalog, pembelian barang atau jasa dapat dilakukan secara cepat dan mudah. Pengelola pengadaan hanya perlu melakukan log in dan melakukan transaksi melalui laman https://ekatalog. lkpp.go.id," kata Kepala LKPP Agus Prabowo dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Selasa (4/8/2018).

Advertisement

Agus mengungkapkan keuntungan adanya e-katalog tersebut dalam sosialisasi yang digelar di Hotel Aston Imperium Purwokerto belum lama ini. Sosialisasi ini bertujuan meningkatkan pengetahuan pemerintah daerah mengenai manfaat pengadaan barang melalui e-katalog LKPP.

Acara sosialisasi ini dihadiri kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD), unit layanan pengadaan (ULP), dan layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) di Kabupaten Banyumas.

Menurut Agus, pengadaan barang melalui e-katalog memiliki banyak pilihan dan flesibitas dalam membeli produk sesuai dengan kebutuhannya. “Apalagi, informasi spesifikasi, harga, dan merek telah dibuka dan dapat diakses oleh semua pihak,” katanya.

Dengan demikian, lanjutnya, masyarakat dapat melihat dan melakukan kontrol. Pembeli, dalam hal ini pokja, dapat membandingkan harga barang yang sama dari beberapa penyedia.

Direktur Corporate Sales Bhinneka Heriyadi Janwar mengatakan, sebagai pelopor penyedia barang dan jasa secara online dan telah terverifikasi di LKPP. Bhinneka turut berperan aktif menyosialisasikan pengadaan barang/jasa pemerintah melalui e-katalog. Bhinneka juga berkomitmen membantu proses reformasi cara belanja pemerintah menjadi lebih akuntabel.

"Sebagai online store yang telah berkecimpung di dunia barang dan jasa secara online dan offline, kami berkomitmen untuk memberikan produk, harga, dan pelayanan terbaik melalui e-katalog LKPP," kata Heriyadi.

Bhinneka memiliki 32 perwakilan resmi di seluruh Indonesia. Sampai saat ini, telah terdapat 31.000 lebih produk Bhinneka yang tayang di e-katalog LKPP. Produk tersebut berupa komputer, server, office equipment, dan kamera.

Bhinneka merupakan perusahaan e-commerce untuk kategori produk 3C, yakni computer, communication technologi, dan consumer electronics bekerja sama dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) menyosialisasikan pengadaan barang lewat e-katalog.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cuaca DIY Hari Ini Jumat 19 April 2024: Jogja, Sleman dan Gunungkidul Hujan Lebat Disertai Petir

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 06:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement