Advertisement

Berburu Kuliner Maknyus di Beringharjo

Kusnul Isti Qomah
Rabu, 23 Januari 2019 - 10:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Berburu Kuliner Maknyus di Beringharjo Pengunjung Pasar Beringharjo menyempatkan mampir di Soto Pites Mbah Galak untuk bersantap siang, Jogja, Rabu (22/1). - Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pasar Beringharjo yang berada di wilayah Malioboro, Jogja menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan untuk berbelanja. Selain kebutuhan bahan pangan, di Pasar Beringharjo juga tersedia baju, kain, gerabah, hingga berbagai pilihan kuliner.

Makanan-makanan di Pasar Beringharjo ini rupanya jadi magnet tersendiri. Hal itu diakui pemilik warung makan satai dan tongseng kambing di lantai II, Sumirah.

Advertisement

Sumirah mengaku sejak berjualan 1983, pelanggannya sampai saat ini sangat banyak. Tak jarang mereka sengaja datang ke warungnya hanya untuk menyantap satai kambing atau tongseng. Namun, ada pula yang mampir setelah berbelanja.

"Ya pelanggannya banyak. Di sini ramai apalagi kalau sedang musim liburan. Kalau sekarang ya agak sepi karena belum liburan," ujar dia kepada Harian Jogja di Pasar Beringharjo, Jogja, Selasa (22/1).

Hal senada diucapkan pemilik warung Soto Pites Mbah Galak, Hariyadi. Menurutnya, banyak sekali pengunjung yang sengaja datang ke Beringharjo bukan untuk belanja, melainkan untuk menyantap soto pites.

"Kebanyakan dari Bandung. Tiap akhir pekan banyak wisatawan asal Bandung yang tujuan utamanya ke warung saya. Baru setelah makan belanja," kata dia.

Hariyadi mengungkapkan jumlah pelanggannya terus bertambah bukan karena promosi yang ia lakulan. Pelanggan-pelanggan itu datang setelah diberi tahu teman yang lebih dahulu bersantap di Soto Pites Mbah Galak.

"Biasanya dari mulut ke mulut. Lalu, teman-teman pelanggan juga ikut datang ke sini," papar dia.

Salah satu pelanggan setia Soto Pites Mbah Galak Agus mengaku setiap ke Beringharjo, pasti mampir ke Soto Pites Mbah Galak. "Dari nenek saya, ibu saya, dan sekarang saya setia jadi langganan soto ini," ujar dia.

Hal serupa diungkapkan Hermono. Ia rutin ke Pasar Beringharjo dan menyantap Soto Pites Mbah Galak.

Pengunjung Pasar Beringharjo lainnya, Aprillia mengakui kuliner di Beringharjo menjadi daya tarik tersendiri. Tak jarang ia khusus datang ke Beringharjo untuk sarapan. Setelah sarapan pun dia langsung melanjutkan aktivitas. "Saya suka soto di Pasar Beringharjo. Rasanya seger dan enak," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemkot Siap Wujudkan Satu Kampung Satu Perawat

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 08:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement