Advertisement

Pengamat Sebut Perlambatan Pertumbuhan Penumpang Pesawat Karena Ini

Rio Sandy Pradana
Rabu, 06 Februari 2019 - 09:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pengamat Sebut Perlambatan Pertumbuhan Penumpang Pesawat Karena Ini Ilustrasi-Calon penumpang pesawat udara antre - ANTARA FOTO/Septianda Perdana

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Penaikan harga tiket dan operasional jalan Tol Trans Jawa disebut oleh pengamat penerbangan sebagai penyebab perlambatan pertumbuhan jumlah penumpang penerbangan yang kemungkinan terjadi pada 2018. 

Sekretaris Jaringan Penerbangan Indonesia Gerry Soedjatman mengatakan penaikan harga tiket yang sudah dilakukan oleh maskapai nasional sejak Oktober 2018 memicu penurunan permintaan. Apalagi, penumpang penerbangan yang didominasi dari maskapai berbiaya rendah (low cost carrier/LCC) sangat sensitif terhadap perubahan harga.

Advertisement

"Adanya tol Trans Jawa dan penaikan harga tiket pesawat berpenharuh terhadap permintaan. Ini yang menyebabkan terjadi penurunan," kata Gerry, Selasa (5/2/2019).

Dia menambahkan imbas operasional jalan tol yang menghubungkan Merak hingga Pasuruan sepanjang 933 kilometer ini sangat berpengaruh karena sebagian besar penumpang penerbangan berasal dan intra Jawa. Menurutnya, kontribusi penumpang penerbangan dari Pulau Jawa bisa mencapai 50% dari pangsa pasar domestik, khususnya perjalanan rombongan dan wisata.

Pihaknya menuturkan tekanan sektor penerbangan juga terjadi akibat fluktuasi nilai kurs dollar dan kenaikan harga avtur. Hal tersebut mengakibatkan maskapai menaikkan harga tiket agar tidak terjadi pembengkakan biaya operasional.

Menurutnya, kondisi ini terjadi mirip dengan 2014. Saat itu juga terjadi fluktuasi nilai kurs dan kenaikan harga minyak dunia. Pemerintah menaikkan tarif batas atas dan kondisi permintaan dan daya beli masyarakat juga sedang lesu, sehingga mengakibatkan perlambatan.

"Saat ini penumpang banyak didominasi oleh kalangan price sensitive dan yang tidak time sensitive, sehingga dimungkinkan terjadi perpindahan ke moda transportasi dengan harga yang lebih terjangkau. Pihak maskapai seharusnya sadar bahwa konsumen mereka cenderung elastic demand," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Tidak Berizin, Satpol PP Jogja Menyegel Empat Reklame Papan Nama Toko

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement