Harper Berkomitmen Kurangi Sampah Plastik dengan Cara Ini

Harper Berkomitmen Kurangi Sampah Plastik dengan Cara IniSeorang staf Harper Mangkubumi Yogyakarta tengah mengambil air menggunakan water jug di dispenser yang terletak di berbagai titik belum lama ini./ Ist. - Harper Mangkubumi Yogyakarta
10 Juli 2019 08:22 WIB Herlambang Jati Kusumo Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Harper Mangkubumi Yogyakarta mengubah penyediaan botol air minum kemasan plastik di kamar dengan menggunakan water jug yang juga dilengkapi dengan dispenser, guna mendukung program pengurangan sampah plastik.

Sampah plastik merupakan limbah yang terurai dalam periode waktu yang lama. Sisa-sisa pembuangan materi berbahan plastik, seperti botol air minum kemasan plastik, ternyata cukup menyakiti lingkungan, terutama lautan. Hasilnya, satu juta burung laut dan 100.000 hewan laut mati karena memakan plastik. Ditambah lagi, butuh 200 tahun sampai plastik bisa terurai.

General Manager Hotel Harper Mangkubumi Yogyakarta, Wawan Eza Sukmawan mengatakan program penggantian botol air minum kemasan plastik di kamar hotel dengan water jug bertujuan mendorong tamu-tamu hotel agar mulai peduli terhadap lingkungan dan melakukan aktivitas positif untuk menjaga alam dengan cara tidak menggunakan botol air minum kemasan plastik. “Selain di kamar, penggantian botol air minum kemasan plastik juga diterapkan di seluruh ruang meeting di Harper Mangkubumi Yogyakarta. Jika ada tamu yang mengadakan event maupun meeting, botol minum kemasan plastik selalu kami ganti menggunakan water jug,” ungkap Wawan, melalui siaran pers, Selasa (9/7).

Untuk memudahkan para tamu jika ingin mengonsumsi air putih, di setiap koridor kamar disediakan dispenser. Selain itu, untuk tipe kamar junior suite dan Harper suite, dispenser ditempatkan di dalam kamar.

“Program penggantian botol air minum kemasan plastik menjadi botol air minum kemasan kaca merupakan salah satu program Say No To Plastic Bottle, yang diadakan oleh Archipelago International selaku management hotel chain yang menaugi Harper Mangkubumi Yogyakarta,” ucapnya.