Siap-Siap, KAI Tambah Kereta Bandara & Rilis Rute Baru

Siap-Siap, KAI Tambah Kereta Bandara & Rilis Rute Baru Ilustrasi. - Bisnis Indonesia/Felix Jody Kinarwan
28 November 2019 22:57 WIB Mediani Dyah Natalia Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 menambah jumlah perjalanan kereta api (KA) Bandara untuk memfasilitasi penumpang dari Jogja menuju Yogyakarta International Airport (YIA). Selain itu, Daop 6 juga memperbarui sejumlah rute.

Senior Manager Angkutan Penumpang Daop 6, Gotro Nur Riyadi mengungkapkan sebelumnya jumlah perjalanan menuju YIA atau stasiun Wojo baru ada dua perjalanan. “Awalnya dua saja. Saat ini ada 24 perjalanan atau 12 pergi pulang (PP). Rinciannya 10 PP sampai Wojo dan dua sampai Kebumen. Untuk yang sampai Kebumen tersebut untuk memfasilitasi yang dari Kebumen ingin ke bandara YIA,” kata Gotro, Kamis (28/11).

Diungkapkannya interval waktu perjalanan pun tidak hanya siang hari, tetapi dari pagi hingga malam hari. Ia mengatakan meski saat ini jumlah penumpang belum maksimal dan masih dikisaran 10% dari total jumlah penumpang satu rangkaian 396. “Harapannya pasti ya meningkat juga jumlah penumpang dengan jumlah penambahan KA tersebut,” katanya. 

Rute Berubah

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto, menambahkan tidak hanya KA Bandara yang berubah. Sejumlah rute mulai Minggu (1/12), ada sejumlah rute diubah, dan ada KA yang ditambah. Ia mengimbau agar masyarakat memperhatikan jadwal kereta yang ada.  Tujuannya agar tidak tertinggal kereta karena sudah diberlakukannya grafik perjalanan KA (Gapeka) 2019. “Penggunaan Gapeka 2019 ini akan mempengaruhi jadwal perjalanan KA, waktu tempuh perjalanan, perpanjangan relasi KA, dan hadirnya KA-KA Baru. Kami mengimbau agar para penumpang yang akan menggunakan KA tidak berpedoman pada kebiasaan jam keberangkatan lama atau waktu keberangkatan dengan jadwal gapeka lama karena Minggu (1/12) mulai diberlakukan Gapeka baru sehingga terdapat beberapa perjalanan KA yang mengalami perubahan jadwal keberangkatan. Info kami bagikan juga di web,” ujarnya.

Eko mengungkapkan pada dasarnya penyesuaian jadwal-jadwal yang ada telah dipertimbangkan juga dengan kebutuhan di masyarakat.

Perubahan Jadwal KA

KA Senja Utama Solo dari Pasar Senen ke Solo Balapan, yang semula berangkat pukul 22.00 WIB, mulai 1 Desember 2019 akan menjadi KA Fajar Utama Solo yang berangkat pada 05.50 WIB atau lebih awal 16 jam 10 menit.

KA Argo Bromo Anggrek dari Gambir ke Surabaya Pasarturi, yang semula berangkat pada pukul 09.30 WIB, mulai 1 Desember 2019 akan berangkat pada 08.15 WIB atau lebih awal 75 menit.

KA Matarmaja dari Malang ke Pasar Senen, yang semula berangkat pada pukul 17.30 WIB, mulai 1 Desember 2019 akan berangkat pada 09.00 WIB atau lebih awal 8 jam 30 menit.

KA Kahuripan dari Bandung Kiaracondong ke Blitar, yang semula berangkat pada pukul 18.10 WIB, mulai 1 Desember 2019 akan berangkat pada 23.15 WIB atau lebih akhir 4 jam 5 menit.

 Perubahan Waktu Tempuh KA

  • KA Brantas relasi Blitar ke Pasar Senen mulai 1 Desember 2019 akan mengalami pengurangan waktu tempuh sebesar 54 menit dari sebelumnya 15 jam 4 menit menjadi 14 jam 10 menit.
  • KA Pasundan relasi Bandung Kiaracondong ke Surabaya Gubeng mulai 1 Desember 2019 akan mengalami pengurangan waktu tempuh sebesar 82 menit dari sebelumnya 16 jam 7 menit menjadi 14 jam 45 menit.
  • KA Singasari relasi Blitar ke Pasar Senen mulai 1 Desember 2019 akan mengalami pengurangan waktu tempuh sebesar 45 menit dari sebelumnya 15 jam 55 menit menjadi 15 jam 10 menit.

 

Perpanjangan Relasi KA

  • KA Argo Wilis dan Turangga sebelumnya Surabaya Gubeng-Bandung pp kini menjadi Surabaya Gubeng-Bandung-Gambir pp
  • KA Mutiara Selatan sebelumnya Malang-Surabaya Gubeng-Bandung pp kini menjadi Malang-Surabaya Gubeng-Bandung-Gambir pp
  • KA Malabar sebelumnya Malang-Surabaya Gubeng-Bandung pp kini menjadi Malang-Surabaya Gubeng- Bandung-Pasar Senen pp

 

Hadirnya KA Baru

  • Anjasmoro Ekspres relasi Jombang-Jogja-Pasar Senen pp
  • Dharmawangsa Ekspres relasi Surabaya Pasar Turi-Pasar Senen pp
  • Sancaka Utara relasi relasi Surabaya Pasar Turi-Gambringan-Solo Balapan-Kutoarjo pp
  • Argo Cheribon relasi Pemalang-Gambir dan Tegal-Pemalang

Sumber: PT KAI