Advertisement

Awas, 120 Juta Warga Dunia Akan Jatuh Miskin karena Pandemi, Termasuk Indonesia

Edi Suwiknyo
Kamis, 16 Juli 2020 - 17:07 WIB
Arief Junianto
Awas, 120 Juta Warga Dunia Akan Jatuh Miskin karena Pandemi, Termasuk Indonesia Direktur Pelaksana Bank Dunia Mari Elka Pangestu menjawab pertanyaan saat wawancara eksklusif dengan Kantor Berita Antara, Jakarta, Selasa (4/2/2020). - JIBI/Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Bank Dunia memperkirakan 70 juta-120 juta penduduk dunia, termasuk Indonesia, akan jatuh miskin akibat pandemi Covid-19. Sementara berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), persentase penduduk miskin pada Maret 2020 sebesar 9,78%.

Managing Director Development dan Partnership Bank Dunia Mari Elka Pengestu mengatakan peningkatan kemiskinan ini merupakan imbas dari pandemi Covid-19. Seperti diketahui, pandemi Covid-19 telah berimbas pada penurunan pendapatan per kapita tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia.

Advertisement

"Yang ingin saya katakan adalah memastikan untuk mencegah supaya jumlah kemiskinan tidak meningkat tajam," kata Mari dalam Indonesia Economic Prospects: The Long Road to Recovery, Kamis (16/7/2020).

Sebelum adanya pandemi, lanjut menteri keuangan di era Susilo Bambang Yudhoyono itu, indikasi peningkatan ketimpangan dan kemiskinan di dunia, termasuk di Indonesia sudah tampak.

Oleh karena itu, sangat dibutuhkan respons kebijakan yang tepat dari pemerintah untuk mencegah kondisi yang lebih buruk. "Jadi perlu diketahui dampak Covid-19 dari informasi - informasi empiris," ujar dia.

Di sisi lain, Mari juga menambahkan bahwa kenaikan status Indonesia sebagai upper middle income country atau negara berpengasilan menengah ke atas tidak ada sangkut pautnya dengan pandemi Covid-19. Pasalnya kesimpulan terkait dengan status Indonesia sebagai upper middle income country dilakukan sebelum pandemi terjadi. "Saya rasa tidak ada hubungan, kalkulasi ini dilakukan sebelum Covid-19," ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pertobatan Ekologis dan Persoalan Sampah Jadi Topik Peragaan Jalan Salib di Gereja Ini

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement