Belanja Pemerintah Jadi Motor Pertumbuhan Ekonomi

Belanja Pemerintah Jadi Motor Pertumbuhan EkonomiMenteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Bisnis - Himawan L Nugraha
28 Oktober 2020 17:47 WIB Edi Suwiknyo Ekbis Share :

Harianjogja.com, JAKARTA-Stabilitas perekonomian selama kuartal III/2020 ditopang oleh belanja pemerintah yang sekaligus menjadi motor pertumbuhan ekonomi.

Kontribusi belanja pemerintah terhadap produk domestik bruto (PDB) bahkan mencapai 18%.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa dengan proses akselerasi belanja yang mulai membaik, pemerintah cukup optimis prospek pemulihan ekonomi akan berlanjut pada kuartal IV/2020.

"Untuk pemulihan ekonomi kami terus akan menjaga dan melihat semua indikator baik itu dari segi konsumsi investasi ekspor dan belanja pemerintah," kata Sri Mulyani, Selasa (27/10/2020)

Sri Mulyani akan terus mengawasi dan memanfaatkan momentum untuk mengoptimalkan belanja pemerintah. Dia berharap sampai kuartal IV/2020 pertumbuhan belanja pemerintah tetap bisa tumbuh di angka 5%.

Momentum Belanja

Namun, dia mengatakan pertumbuhan ini bisa dicapai dengan asumsi seluruh momentum belanja dan eksekusi belanja baik pemulihan ekonomi maupun seluruh belanja kementerian dan lembaga tetap bisa terjaga untuk konsumsi rumah tangga.

Pemerintah, kata dia, akan melihat kinerja perekonomian dari kuartal ketiga hingga kuartal keempat dan diharapkan akan mulai mendekati titik nol persen.

Sri Mulyani sendiri memproyeksikan bahwa kuartal ketiga kontraksi akan terjadi dalam kisaran minus 1 persen hingga minus 2,9 persen. Sementara keseluruhan tahun masih sama dengan proyeksi yang telah disampaikan yakni di minus 0,63 persen minus 1,72 persen.

Sumber : JIBI/Bisnis.com