Jasa Raharja Yogyakarta Gelar FGD Hadapi PPKM di Masa Pandemi Covid-19

Jasa Raharja Yogyakarta Gelar FGD Hadapi PPKM di Masa Pandemi Covid-19PT Jasa Raharja Cabang Yogyakarta melalui virtual meeting mengikuti focus group discussion (FGD) Jasa Raharja se- Jawa Bali terkait optimalisasi pelayanan untuk wajib pajak, Senin (1/2/2021). - Ist/dok
02 Februari 2021 06:57 WIB Abdul Hamied Razak Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA- PT Jasa Raharja Cabang Yogyakarta melalui virtual meeting mengikuti focus group discussion (FGD) Jasa Raharja se- Jawa Bali terkait optimalisasi pelayanan untuk wajib pajak, Senin (1/2/2021). Kegiatan ini diharapkan mampu mengoptimalisasi pelayanan Jasa Raharja selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di masa pandemi Covid-19.

FGD dihadiri A. A. Yudi Sudarma selaku PJT Kepala Urusan Sumbangan Wajib Divisi Asuransi Kantor Pusat Jasa Raharja. FGD diikuti oleh Kepala Bagian Operasional Jasa Raharja se Jawa-Bali. Pembahasan FGD difokuskan terkait dengan sumbangan wajib khususnya yang harus dibayarkan para wajib pajak. Selain itu, FGD membahas bagaimana mitra dari Jasa Raharja seperti PO dan armada lainnya agar tetap menunaikan kewajibannya untuk melaksanakan Iuran Wajib.

Kepala Bagian Operasional PT Jasa Raharja Cabang D.I.Yogyakarta Sofyan Adi Nugroho membuka diskusi pada awal sesi. Dia menyampaikan dalam situasi pandemi seperti sekarang, terlebih dengan adanya kebijakan PPKM, menuntut setiap kantor cabang di wilayah Jawa – Bali melakukan inovasi terkait pembayaran pajak. "Inovasi layanan sangat penting dilakukan agar Jasa Raharja tetap bisa melayani masyarakat secara optimal," katanya.

Baca juga: Astra Motor Yogyakarta Hadirkan All New Honda CBR150R Secara Virtual

Untuk memudahkan masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor, untuk wilayah DIY Jasa Raharja mendorong masyarakat memanfaatkan layanan E-Posti. E-Posti merupakan layanan inovasi untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor PKB dan SDWKLLJ khusus daftar ulang tahunan. Layanan E-Posti ini, katanya, manjadi langkah strategis di tengah masyarakat menghadapi pandemi, PPKM dan menerapkan protokol kesehatan.

"Layanan E-Posti ini memudahkan masyarakat agar tak perlu repot ke samsat untuk membayar pajak kendaraan. Dengan layanan ini, maka pembayaran pajak, termasuk SDWKLLJ mudah dibayarkan," katanya.

PJT Kepala Urusan Sumbangan Wajib Divisi Asuransi Kantor Pusat Jasa Raharja Yudi Sudarma pun mengapresiasi kepada provinsi – provinsi yang mamiliki samsat online regional seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. "Dengan Samsat Online ini kita bisa melakukan optimalisasi penerimaan pajak. Samsat online menjadi fokus bersama untuk melakukan optimalisasi penerimaan dikala pandemi seperti saat ini," katanya.

Baca juga: Beri Kemudahan Pengguna Kendaraan Listrik, PLN Luncurkan Aplikasi Charge.IN

Yudi juga mengatakan sudah ada pembahasan dan perencanaan mengenai sistematika Samsat Online Nasional (Samolnas) yang lebih baik sehingga dapat dikelola satu pintu melalui situs Kantor Pusat Jasa Raharja. "Aplikasi JRku juga menjadi salah satu inovasi yang akan menjawab tantangan digital dimasa yang akan datang. Namun walaupun demikian perlu adanya perbaikan dan evaluasi agar aplikasi maupun situs daring yang nantinya akan digunakan wajib pajak dapat terlaksana dengan baik," katanya.

PT Jasa Raharja, katanya, akan melakukan koordinasi lebih lanjut dengan stakeholder tim pembina Samsat agar dilakukan pengembangan inovasi pembayaran pajak secara digital. Begitu juga koordinasi dengan Pemerintah Daerah juga akan dibahas lebih lanjut.

"Ke depan, sinergi dari seluruh pihak yang terlibat dalam proses digitalisasi penerimaan pajak harus ditingkatkan demi melayani seluruh masyarakat. Dan sikap keterbukaan informasi menjadi dasar yang perlu dipegang karena saat ini sudah memasuki era big data yang artinya mobilitas seseorang dalam mengakses sebuah informasi dapat dilakukan dengan mudah," harapnya.