Advertisement

Jokowi Minta Indonesia Harus Jadi Pemain Utama Ekonomi Syariah Dunia

Akbar Evandio
Jum'at, 22 Oktober 2021 - 20:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jokowi Minta Indonesia Harus Jadi Pemain Utama Ekonomi Syariah Dunia Presiden Joko Widodo (Jokowi) - BPMI Setpres

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta Indonesia menjadi pusat gravitasi ekonomi syariah dunia.

“Saya sudah berkali-kali menyampaikan bahwa Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia harus menjadi pemain utama dalam ekonomi syariah dan industri halal di dunia Indonesia harus menjadi pusat gravitasi ekonomi syariah dunia,” tuturnya, Jumat (22/10/2021).

Advertisement

Lebih lanjut, dia menjelaskan kian hari perkembangan ekonomi syariah terus mengalami perbaikan yang terepresentasikan di mana sektor ekonomi syariah di Indonesia mengalami pertumbuhan yang berarti dari tahun ke tahun.

Berdasarkan data The State of Global Islamic Economy Indicator Report mencatatkan pada 2018 ekonomi syariah Indonesia berada di peringkat 10 besar dunia. Kemudian, pada 2019 peringkatnya naik menjadi posisi ke-5, dan pada 2020 ekonomi syariah Indonesia sudah berada di peringkat 4 dunia.

“Naik-naik dan naik terus, tetapi kita tidak boleh berpuas diri, karena perlu ada upaya yang sinergis antar pemangku kepentingan agar ekonomi syariah kita tumbuh lebih besar lagi,” katanya.

Dia melanjutkan, dirinya menaruh harapan besar kepada masyarakat ekonomi syariah untuk menjadi jembatan bagi seluruh pemangku kepentingan ekonomi syariah.

Menurutnya, masyarakat ekonomi syariah memiliki peluang besar untuk membangun ekosistem ekonomi syariah di Negara agar dapat untuk menghadirkan ekonomi inklusif yang memberdayakan dan mampu bertahan menghadapi berbagai macam krisis sebagai organisasi keumatan masyarakat.

Terakhir, dia berharap pertumbuhan ekonomi syariah menjadi lokomotif pengembangan ekonomi syariah yang membumi yang menyentuh ekonomi umat secara langsung yang melahirkan lebih banyak wirausaha-wirausaha dari kalangan santri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sultan Sampaikan LKPJ 2023, Realisasi Pendapatan Daerah Capai 99 Persen

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 12:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement