Advertisement

Ekonomi DIY Diprediksi Tumbuh Positif

Herlambang Jati Kusumo
Senin, 01 November 2021 - 06:37 WIB
Budi Cahyana
Ekonomi DIY Diprediksi Tumbuh Positif Ilustrasi - JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pertumbuhan ekonomi DIY triwulan III 2021 dinilai akan tetap tumbuh positif.

Wakil Ketua I ISEI Cabang Yogyakarta, Amirullah Setya Hardi, mengatakan meski ekonomi DIY tumbuh tetapi besarannya lebih rendah dari triwulan sebelumnya. 

Advertisement

“Prediksi saya pertumbuhan ekonomi DIY Triwulan III-2021 dengan skenario moderat tetap tumbuh positif, dan jika menerapkan skenario optimistis maka bisa mendekati pertumbuhan ekonomi pada Triwulan II-2021,” ujar Amirullah Setya Hardi, dalam diskusi informal dengan topik Optimisme Pertumbuhan Ekonomi DIY, di Lobiantoro Arowana, Wirobrajan, Sabtu (30/10/2021).

Amirullah yang juga dosen FEB UGM tersebut mengatakan pertumbuhan ekonomi Triwulan III-2021 dimungkinkan lebih rendah dibandingkan triwulan sebelumnya karena penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 dan 4.

Kebijakan tersebut menjadikan aktivitas produksi dan konsumsi juga menurun sehingga dimungkinkan pertumbuhan ekonomi juga menurun. Selanjutnya Amirullah menegaskan meskipun pada Triwulan III-2021 diterapkan PPKM level 3 dan 4, berdasarkan data periode 2010-2020 pertumbuhan ekonomi pada Triwulan III paling tinggi, termasuk pada Triwulan III-2020 dalam periode pandemi Covid-19.

“Sikap optimistis harus dibangkitkan untuk pertumbuhan Triwulan IV-2021, hal tersebut terkait penerapan PPKM level 2 di DIY, sehingga sampai akhir 2021 perekonomian ekonomi DIY tetap tumbuh positif,” ucap Pemilik dan pengelola The Alana Hotel & Convention Center Yogyakarta, Bogat AR.

Bogat melihat setelah penerapan PPKM level 2, roda kegiatan ekonomi di DIY meningkat termasuk kegiatan pariwisata dan turunannya seperti hotel, restoran, transportasi, destinasi wisata dan sebagainya. Terkait dengan kegiatan pariwisata, Bogat berharap pelaku usaha pariwisata memberikan jaminan kepada wisatawan terhadap pelaksanaan Kebersihan (Cleanliness), Kesehatan (Health), Keselamatan (Safety), dan Kelestarian Lingkungan (Environment) atau yang dikenal dengan CHSE.

Pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DIY, Y. Sri Susilo mengatakan optimisme pertumbuhan ekonomi di DIY harus dibaca dan disikapi dengan bijak. Bijak mencermati angka pertumbuhan ekonomi dalam arti juga harus dilihat pertumbuhan ekonomi masing-masing sektor atau lapangan usaha termasuk jenis usahanya.

Pasalnya ada sektor usaha yang tumbuh positif tetapi juga masih yang ada tumbuh negatif. Dengan demikian pertumbuhan ekonomi positif tidak boleh diartikan seluruh sektor dalam perekonomian mengalami pertumbuhan yang positif. Sebagai contoh, pertumbuhan ekonomi DIY Triwulan II-2021 yang sebesar 11,81% (yoy) ternyata terdapat lapangan usaha yang tumbuh negatif seperti pertanian, kehutanan, dan perikanan yang mengalami sebesar 26,0%.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Siap-siap Lur, Pemkab Kulonprogo Buka 90 Formasi CPNS dan PPPK untuk 205 Posisi, Berikut Rinciannya

Kulonprogo
| Jum'at, 19 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement