Mengenal Falguni Nayar, Miliarder Perempuan Terkaya di India

Mengenal Falguni Nayar, Miliarder Perempuan Terkaya di India Falguni Nayar - lifestyleasia
11 November 2021 22:47 WIB Jessica Gabriela Soehandoko Ekbis Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Falguni Nayar adalah bankir investasi veteran yang berubah menjadi pengusaha wanita terkaya di India setelah memunculkan kosmetik dan peritel mode induk FSN E-Commerce Ventures dari Nykaa pada Rabu (10/11/2021).

Sebelum memulai Nykaa, Nayar telah berhenti dari pekerjaannya sebagai bankir investasi. Dirinya telah menghabiskan waktu selama 19 tahun.

Kini, Nayar sendiri merupakan pendiri, direktur pelaksana dan CEO Nykaa, dimana dirinya menjadi miliarder dalam penempatan pribadi pra-IPO pada bulan Juni. Nykaa bernilai sebesar US$2,3 miliar dan memberinya kekayaan bersih sebesar US$1,1 miliar.

“Nykaa” sendiri berasal dari bahasa sansekerta yakni “Nayaka” dimana orang menjadi sorotan. Tujuannya adalah membawa berbagai merek kecantikan internasional termasuk seperti Clinique dan Bobbi Brown ke konsumen India.

Nayar menjalankan Nykaa dengan anak kembarnya yakni Adwaita. Adwaita merupakan salah satu pendiri dan CEO untuk bisnis mode dan Anchit yang merupakan CEO untuk bisnis kecantikan dan e-commerce.

Nykaa membuka pertama kali bisnisnya pada tahun 2014. Pada tahun 2015, Nayar meluncurkan merek kosmetik Nykaa secara internal mulai menjadi tuan rumah Nykaa Femina Beauty Awards.

Kemudian, pada tahun 2016, Nykaa telah mengantarkan merek mewah pertama, yakni Estee Lauder.

Kini, Nykaa sendiri menawarkan lebih dari 4.000 merek di seluruh platform kecantikan, perawatan pribadi, dan mode. Nykaa juga telah memiliki 80 toko di 40 kota.

Kemudian, sebanyak 97 persen dari nilai barang dagangan kotor (GMV) berasal dari penjualan online dengan kontribusi 63 persen dari kota tingkat 2 dan tingkat 3. 70 persen dari GMV lainnya berasal dari pelanggan yang sudah ada.

Dalam kerja samanya, Nyaaka telah bekerja dengan lebih dari 3.000 influencer termasuk pembuat tren Gen Z, blogger gaya hidup, dan selebritas.

Nyaaka juga menjadi contoh langka dari startup yang sudah menghasilkan keuntungan. Pendapatan Nykaa naik menjadi US$334 juta untuk tahun fiskal yang berakhir Maret 2021 dari US$236 juta pada tahun fiskal sebelumnya.

Perusahaan sendiri juga melaporkan laba bersih sebesar US$8 juta pada periode yang sama versus rugi bersih sebesar US$2 juta pada tahun fiskal 2020.
Selain itu, diketahui bahwa selama tiga bulan yang berakhir pada 30 Juni 2021, pendapatan Nykaa hampir mencapai 8,2 miliar rupee atau setara dengan US$110 juta, dengan laba bersih sebesar 35,2 juta rupee atau sebesar US$474.000.

Nayar pernah mengatakan kepada Forbes Asia dalam wawancara di tahun 2019 bahwa dirinya akan membawa perusahaannya menjadi publik, jika telah menguntungkan. Kini, Nayar benar-benar melakukan sesuai dengan perkataannya.

Sumber : JIBI/Bisnis.com