Mulai Besok, Transfer Antar Bank Jadi Rp2.500

Mulai Besok, Transfer Antar Bank Jadi Rp2.500Ilustrasi transfer bank lewat ATM. - JIBI/Bisnis.com
20 Desember 2021 02:37 WIB Rika Anggraeni Ekbis Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Program BI Fast Payment (BI Fast) bakal diluncurkan Selasa (21/12/2021) besok. Dengan adanya program ini, biaya transfer antar bank peserta program akan turun menjadi Rp2.500 per transaksi.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan menjelaskan BI Fast merupakan sistem pembayaran yang akan memfasilitasi pembayaran ritel nasional, sebagai pengganti Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI).

Dengan adanya sistem pembayaran BI-Fast tersebut, BI menargetkan seluruh perbankan dapat terhubung dengan sistem tersebut pada tahun depan, sehingga transaksi ekonomi dan keuangan dapat dilakukan lebih mudah dan efisien.

Adapun, penetapan skema harga BI-Fast dari BI ke peserta ditetapkan Rp19 per transaksi, sementara dari peserta ke nasabah ditetapkan maksimal Rp2.500 per transaksi. Nilai ini lebih murah dibandingkan tarif SKNBI yang dipatok maksimum Rp2.900 per transaksi.

“Pada 21 Desember, insyaallah BI akan meluncurkan BI Fast sebagai infrastruktur pembayaran ritel yang real time dan beroperasi 24 jam selama sepekan tanpa henti,” kata Perry, akhir pekan lalu.

Pengujian BI Fast akan dilakukan dalam dua tahap. Pengujian tahap pertama BI-Fast akan dilakukan pada 21 Desember 2021. Selanjutnya, pengujian tahap kedua akan dilakukan pada Januari 2022.

Pada tahap pertama, tercatat ada 22 bank yang akan diuji, yakni BTN, Bank DBS Indonesia, Bank Permata, Bank Mandiri, Bank Danamon, Bank CIMB Niaga, BCA, HSBC Indonesia, UOB Indonesia, dan Bank Mega.

Selain itu, ada juga BNI, Bank Syariah Indonesia, BRI, OCBC NISP, BTN Syariah, Bank Permata Syariah, Bank CIMB Niaga Syariah, Bank Danamon Syariah, BCA Syariah, Sinar Mas, Citibank, dan Bank Woori Saudara Indonesia. 

Sumber : JIBI/Bisnis.com