Advertisement

Ekonomi Pulih, Penjualan Sepeda Motor Malah Drop, Kenapa?

Kahfi
Selasa, 17 Mei 2022 - 21:27 WIB
Arief Junianto
Ekonomi Pulih, Penjualan Sepeda Motor Malah Drop, Kenapa? Ilustrasi motor matik - Bisnis Indonesia/Rahmatullah

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Meski pemerintah mengklaim perekonomian nasional perlahan pulih, penjualan roda dua pada April tahun ini justru kembali mengalami penurunan. Tren kelesuan pasar domestik itu berlangsung sejak Februari tahun ini.

Berdasarkan data terbaru Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan domestik pada April tahun ini mencapai 439.472 unit, turun 7,06% dibandingkan 472.889 unit capaian pada periode sama tahun lalu.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Alhasil, selama catur wulan pertama tahun ini, total penjualan sepeda motor di dalam negeri yang tercatat AISI, sebesar 1,7 juta unit. Jumlah itu turun 3,6% jika dibandingkan periode sama tahun lalu yang mencapai 1,76 juta unit.

BACA JUGA: BPD DIY dan UAD Perluas Kerja Sama, Layanan Digital Jadi Fokus

Praktis selama empat bulan pertama tahun ini, kinerja Januari menjadi satu-satunya yang tertinggi dan meraih pertumbuhan year-on-year (yoy). Selebihnya, kinerja pada Februari, Maret, hingga April mengalami penurunan.

Ketua Bidang Komersial AISI Sigit Kumala mengungkapkan, persoalan kinerja penjualan sepeda motor bukan dikarenakan minimnya permintaan.

Sebaliknya, kemampuan produksi masing-masing pabrikan mengalami kelesuan seiring kelangkaan cip semikonduktor. Walaupun produk di pasar dalam negeri dikuasai motor-motor jenis skuter matik, pemanfaatan cip semikonduktor sudah lumayan besar.

Kelangkaan cip, singgung Sigit, membuat produksi menjadi loyo. Kelangkaan cip inipun telah berlangsung selama setahun. Hal serupa juga terjadi pada industri roda empat.

Advertisement

“Sebetulnya permintaan bagus, dari data kami cukup besar. Tapi kami tidak bisa penuhi masalah cip itu sehingga membuat daftar tunggu lebih panjang,” ucap dia.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Ribuan Personel TNI dan Polri ikuti Apel Pengamanan Kaesang-Erina

Sleman
| Rabu, 07 Desember 2022, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Malam Pergantian Tahun, Hotel-Hotel di Bantul Siapkan Gala Dinner dan Live Music

Wisata
| Rabu, 07 Desember 2022, 17:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement