Advertisement

Jogja Potensial bagi Start Up, Ini 3 Program Utama IndigoHub untuk Memfasilitasinya

Herlambang Jati Kusumo
Selasa, 24 Mei 2022 - 17:57 WIB
Arief Junianto
Jogja Potensial bagi Start Up, Ini 3 Program Utama IndigoHub untuk Memfasilitasinya Suasana Syawalan IndigoHub Jogja, di IndigoHub Jogja, Terban, Gondokusuman, Selasa (24/5/2022). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—IndigoHub Jogja mewadahi dan mendorong perusahaan rintisan (start up) untuk berkembang. DIY juga dinilai memiliki potensi besar untuk mendukung lahirnya start up baru.

Community Leader IndigoHub Jogja, Mawar Oky mengatakan ada tiga program di IndigoHub Jogja.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Pertama, untuk Pre Startup. “Memfokuskan untuk yang belum punya produk, baru memiliki ide saja. Akan difasilitasi dengan berbagai program,” ucap Mawar, saat Syawalan IndigoHub Jogja, di IndigoHub Jogja, Terban, Gondokusuman, Selasa (24/5/2022).

BACA JUGA: Indonesia Bakal Terapkan Pajak Ekspor Lebih Besar

Kedua, program untuk inkubasi start up. Ada dua tahap dalam inkubasi ini, yakni produk validasi, dan inkubasi model bisnis.
Untuk program ini, ada pendanaan yang diberikan sebesar Rp750 juta yang dapat digunakan untuk memaksimalkan start up mengembangkan produk validasi, dan bisnis model.

Ketiga, akselerasi. Di program ini akan ada dana Rp2 miliar dari Telkom. “Akselerasi ini dua tahun maksimalnya. Start up akan di-upgrade knowledge, bantu networking, produk scale up, dan berkembang sesuai harapan,” ucapnya.

Adapun start up yang didorong, kata Mawar, diutamakan yang fokus pada basis digital. Selain itu, ada sejumlah syarat lainnya, yakni saham mayoritas founder, tidak entitas atau institusi lain. Selain juga sudah ada produk, dan user.

BACA JUGA: Kolaborasi Finnet dan BPD Banten Dorong Akselerasi Ekonomi Digital UMKM Serta Industri Kreatif di Banten

Advertisement

Terlebih, kata dia, Jogja berpotensi yang besar untuk lahirnya start up. “Jogja salah satu kota terbesar di Indonesia, banyak kampus, mahasiswa di Jogja. Banyak ide yang tercetus juga dari anak muda. Dapat dikatakan pencetus ide terbesar juga lahirnya start up,” kata Mawar.

Solution Lead IndigoHub Jogja, Awang Dewangga menmabahkan ada beberapa start up dari IndigoHub yang terus berkembang saat ini. Seperti misalnya, Psikku yang melayani digitalisasi asesmen, talent mapping, dan sobat curhat.

“Sobat curhat ini menghubungkan psikolog, layanan psikologi,” ucap Awang.

Advertisement

Kemudian ada start up Gruu yang merupakan platform tracking armada. Lalu ada Hear Me yang membantu orang tuna rungu, dengan digitalisasi avatar dan bahasa isyarat. Start up lainnya, Ctscope yang membantu informasi klinik rekam medis.

“Ada juga Allure, yang lebih ke beauty. Akan memindai kondisi wajah seperti apa. Akan muncul rekomendasi produk yang cocok. Bisa booking beauty clinic juga,” ujarnya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Mulai 2024, Parangtritis Dibangun Jadi Wisata Malam Seperti Bali

Jogja
| Rabu, 07 Desember 2022, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Malam Pergantian Tahun, Hotel-Hotel di Bantul Siapkan Gala Dinner dan Live Music

Wisata
| Rabu, 07 Desember 2022, 17:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement