Advertisement

Menjadi Garda Utama Penjaga Relasi Pertamina, Ini Kunci Utama yang Diterapkan Pria Ini

Herlambang Jati Kusumo
Selasa, 09 Agustus 2022 - 07:47 WIB
Arief Junianto
Menjadi Garda Utama Penjaga Relasi Pertamina, Ini Kunci Utama yang Diterapkan Pria Ini Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga,BrastoGalih Nugroho. - Istimewa/Brasto Galih Nugroho

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Sebagai Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga, Brasto Galih Nugroho berupaya menjaga komunikasi yang baik demi terjalinnya relasi positif dengan berbagai pihak. 

Brasto menceritakan memulai karier di PT. Pertamina (Persero) sejak 2009. Saat itu dia memulai dari program bimbingan sarjana di Pertamina.

BACA JUGA: Pemerintah Buka Opsi Naikkan Harga BBM

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Setelah itu, pada 2010 dia diangkat menjadi pegawai, setelah menjalani job training, dan pendidikan. Dari situ dia mendapat penugasan ke berbagai daerah di Indonesia.

“Kenapa masuk ke Pertamina? Saya awalnya ingin berkontribusi kepada bangsa dan negara,” ucap Brasto, Senin (8/8/2022).

Selama mengemban tugas di Pertamina, dia banyak diamanahi posisi di bagian public relations. Sebagai seorang yang berkecimpung di dunia public relations, dia menjembatani komunikasi untuk internal dan eksternal di Pertamina.

“Jadi bagaimana mengomunikasikan kebijakan perusahaan ke masyarakat, dan menjembatani aspirasi, masukan dari masyarakat. Saat penugasan dari berbagai daerah itu beda-beda karakternya, jadi harus paham dan beradaptasi dengan budaya setempat,” ucap pria yang pernah mengenyam pendidikan Ilmu Komunikasi UGM itu.

Meski merasa enjoy dengan pekerjaan yang ia jalani saat ini, tetapi dia tidak menampik adanya banyak tantangan yang harus ia hadapi. Sebagai salah satu BUMN yang mengurusi hajat hidup orang banyak, komunikasi kepada masyarakat menurutnya harus dilakukan dengan baik.

“Seperti misalnya, yang terbaru, soal kebijakan MyPertamina, itu kan menyangkut kebutuhan masyarakat juga. Oleh karena itu, kami gencarkan komunikasi, penjelasan kebijakan tersebut agar masyarakat memahami terkait dengan kebijakan itu,” ujar Brasto.

Advertisement

Membangun Kesepahaman
Selama kuliah, dia banyak aktif di organisasi. Hal itu sedikit banyak membantu dalam pekerjaannya saat ini. Sebagai seorang yang berkecimpung di dunia public relations, membangun kesepahaman bersama adalah hal yang utama.

“Kuncinya ya menjaga komunikasi dengan baik. Kemudian tidak berhenti, untuk terus belajar. Belajar itu sampai akhir hayat. Public relations itu ada sertifikasi kehumasan ahli atau manajerial, saya ambil juga,” ucap pria kelahiran Jogja pada 1985 itu.

Sebagai Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga, saat ini dia berusaha terus menggencarkan komunikasi program-program yang dijalankan Pertamina.
“Seperti saat ini, menggencarkan komunikasi agar masyarakat yang menggunakan BBM subsidi adalah masyarakat yang berhak,” ucap Brasto.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Tak Hanya Soal Kontrasepsi, Kampung KB di Jogja Garda Pembangunan Kesejahteraan

Jogja
| Jum'at, 30 September 2022, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement