Advertisement

Industri Ini Jadi Penggerak Utama Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Ni Luh Anggela
Senin, 15 Agustus 2022 - 11:07 WIB
Budi Cahyana
Industri Ini Jadi Penggerak Utama Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Ilustrasi industri pengolahan. - Antara/Aditya Pradana Putra

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTAPertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 5,44 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) pada kuartal II/2022 banyak disokong industri pengolahan.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Edy Priyono menyampaikan, melesatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia terutama didorong oleh kinerja industri pengolahan yang menunjukkan tren meningkat. Bila dilihat secara sektoral, kata dia, industri pengolahan merupakan komponen terbesar, yakni 17,84 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB).

BACA JUGA: Miris! DIY Gudangnya Pembalap tapi Tak Punya Sirkuit Permanen

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

"Oleh karena itu, pertumbuhan sektor industri sangat besar pengaruhnya bagi pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan," kata Edy dalam keterangan resmi, dikutip Senin (15/8/2022).

Dari angka pertumbuhan ekonomi sebesar 5,44 persen, sektor industri pengolahan memberikan sumbangan terbesar, yakni 0,82 poin persentase. Selain itu, dia mengatakan PDB atas dasar harga konstan (ADHK) di industri pengolahan pada kuartal II/2022 sebesar Rp587,5 triliun, atau tumbuh 4,01 persen secara tahunan.

Menurut Edy, angka ini juga menjadi pertanda bahwa industri pengolahan telah  pulih dari dampak Covid-19. Meski pertumbuhan industri pengolahan tak sebesar di sektor transportasi dan pergudangan yang tumbuh tinggi sebesar 21,27 persen, dia menilai bahwa pertumbuhan industri pengolahan tetap berarti bagi tumbuhnya ekonomi Indonesia, mengingat proporsi sektor industri sangat besar dalam PDB.

BACA JUGA: Pemuda Ini Ungkap Alasannya Buka Wisata di Area Terpencil Gunungkidul

"Ada dua jenis industri yang memiliki peran besar dalam mendongkrak pertumbuhan industri pengolahan, yaitu tekstil dan pakaian jadi, serta makanan minuman," ucapnya. 

Industri tekstil dan pakaian jadi tumbuh sangat besar, di angka 13,74 secara tahunan pada kuartal II/2022. Sedangkan, makanan minuman tumbuh 3,68 persen dimana pertumbuhan tersebut tidak lepas dari momentum puasa dan Hari Raya Idul Fitri.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Imperial Digital Printing, Jasa Percetakan Terlengkap di Jogja

Jogja
| Selasa, 27 September 2022, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement