Advertisement

Pertamina Bicara soal Stok BBM dan Elpiji Jateng-DIY, Bagaimana Kondisinya?

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 17 September 2022 - 06:27 WIB
Arief Junianto
Pertamina Bicara soal Stok BBM dan Elpiji Jateng-DIY, Bagaimana Kondisinya? Ilustrasi. - JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN — Kenaikan harga BBM bersubsidi oleh Pemerintah Pusat direspons dengan jaminan distribusi dan ketersediaan BBM oleh Pertamina

Sales Branch Manager II PT Pertamina Patra Niaga Yogyakarta, William Handoko Gotama menjamin distribusi dan ketersediaan BBM sampai saat ini aman. Hal tersebut disampaikan saat berkoordinasi dengan Pemkab Sleman yang dipimpin oleh Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, Rabu (14/9/2022).

Advertisement

Menurut William, penyaluran BBM bersubsidi di Kabupaten Sleman dilakukan melalui fuel terminal Rewulu, di mana seluruhnya sudah menggunakan distribusi pipa dan didukung fuel terminal area Boyolali dan Kilang Cilacap.

Ketersediaan stok BBM bersubsidi di fuel terminal Rewulu jenis Bio Solar sebanyak 11.250 ton dan Pertalite sebanyak 10.858 ton. "Dengan jumlah stok ini ketersediaan BBM bersubsidi di Kabupaten Sleman akan terpenuhi dengan baik," ujarnya.

BACA JUGA: DIY Ramai Event sampai Akhir Bulan Ini, Okupansi Hotel di DIY Diprediksi Meningkat Lagi

Senada, Ketua Dewan Pertimbangan Hiswana Migas DIY, Siswanto mengatakan ketersediaan elpiji tiga kg di wilayah Sleman sampai saat ini masih terpenuhi dengan baik. "Meskipun dari Januari hingga Agustus 2022 selalu mengalami over kuota, tetapi sampai saat ini ketersediaan elpiji tiga kg masih aman," katanya.

Menurutnya salah satu penyebabnya over kouta adalah kenaikan jumlah usaha mikro sebesar 30% di masa pandemi sehingga konsumsi meningkat pesat. Meski begitu, katanya, pasokan elpiji dan distribusinya kepada masyarakat tidak mengalami gangguan.

Menanggapi hal itu, Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, menyebutkan pembelian BBM bersubdi jenis bio solar untuk petani dan UMKM telah tertuang Surat Edaran Bupati Sleman No.542/00124 tentang Pembelian BBM Jenis Solar untuk Petani dan UMKM. 

Dalam Surat Edaran tersebut dijelaskan petani dan UMKM dapat membeli BBM bersubsidi dengan membawa surat rekomendasi yang bisa didapatkan dari UPTD terdekat. "Di Sleman ada delapan UPTD yang mana masing-masing UPTD mengampu dua kapanewon. Kalau petani bisa mengajukan melalui kelompok tani," jelasnya.

Dia menjelaskan masyarakat umum yang melakukan pembelian BBM bersubsidi dengan surat rekomendasi juga perlu mendaftar di MyPertamina, termasuk kendaraan dinas yang digunakan untuk layanan umum. 

Untuk kendaraan dinas OPD yang berjumlah banyak dapat dilakukan pendaftaran secara kolektif dengan satu Nomor Induk Kependudukan dari penanggung jawab kendaraan-kendaraan tersebut. Sedangkan untuk kendaraan dinas nonlayanan umum saat ini belum ada regulasi yang melarang pembelian BBM bersubsidi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Penyair Joko Pinurbo Wafat, Jenazah Disemayamkan di PUKJ Bantul

Bantul
| Sabtu, 27 April 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement