Advertisement

Mayoritas Konsumen Pilih Tokopedia Jadi E-Commerce Paling Aman, Tepercaya dan Memuaskan

Media Digital
Kamis, 15 Desember 2022 - 20:22 WIB
Budi Cahyana
Mayoritas Konsumen Pilih Tokopedia Jadi E-Commerce Paling Aman, Tepercaya dan Memuaskan Ilustrasi. - Dok.

Advertisement

JOGJA—Sedikitnya 89,68 persen responden memilih platform lokapasar Tokopedia sebagai toko daring paling memuaskan saat melakukan transaksi digital.

Survei yang melibatkan 1.200 responden ini digelar oleh Kadence International, lembaga riset terkemuka dengan reputasi global pada 2-15 November 2022 lalu bertajuk The Most Trusted E-Commerce yang melibatkan pengguna platform E-Commerce di kota-kota besar di seluruh Indonesia, seperti Bandung, Surabaya, Makassar, dan Medan.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Survei menekankan perihal tiga aspek utama yang dicari pelanggan saat bertransaksi daring yakni faktor keamanan, kualitas dan keaslian produk, serta pengiriman. Ketiga faktor ini yang kemudian menentukan seberapa puas pengguna terhadap platform e-commerce yang digunakan. Dan mayoritas responden menilai bahwa Tokopedia sebagai platform yang paling aman dengan persentase 85 persen, dapat dipercaya 86 persen, serta paling memuaskan dari sisi produk serta layanan pengiriman 86 persen.

Associate Research Director di Kadence International Adhistya Febriani menjelaskan, promosi dan harga tidak selalu menjadi faktor utama penentu kepuasan pelanggan E-Commerce di Indonesia. Para pelanggan juga memperhatikan aspek keamanan dan kualitas customer journey yang ditawarkan platform E-Commerce, termasuk dari sisi produk hingga proses pengiriman.

"Sejumlah faktor seperti jaminan kualitas barang, kemudahan proses pembayaran dan pengiriman, hingga keamanan dalam bertransaksi juga menjadi unsur penting yang dipertimbangkan oleh pengguna,” katanya melalui keterangan tertulis, Selasa (13/12/2022).

Hasil survei Kadence International juga menemukan bahwa Tokopedia merupakan yang paling unggul dalam hal kualitas barang dengan persentase sebanyak 85 persen, keandalan layanan pengiriman 85 persen, serta dalam menjaga data pribadi pengguna 84 persen.

Dari sisi pembayaran, responden melihat Tokopedia dan Shopee sebagai dua platform e-commerce teratas dalam hal kemudahan pembayaran dan variasi metode. Sebanyak 88 persen responden memilih Tokopedia dan 82 persen memilih Shopee.

Sementara, Blibli berada pada posisi ketiga pada aspek ini dengan 62 persen diikuti oleh Lazada 60 persen. Selain itu, jumlah ulasan produk juga menjadi salah satu pertimbangan pengguna, di mana Tokopedia dan Shopee kembali unggul dengan 86 persen responden memilih Shopee sebagai platform e-commerce yang paling banyak memiliki ulasan pembeli, kemudian diikuti dengan 76 persen responden yang memilih Tokopedia dan 52 persen lainnya memilih Lazada. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Puluhan Juta Dianggarkan Kelurahan Gedongkiwo untuk Tangani Sampah

Jogja
| Selasa, 31 Januari 2023, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Ini Nih... Wisata di Solo yang Instagramable, Ada yang di Dalam Pasar!

Wisata
| Selasa, 31 Januari 2023, 23:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement