Advertisement

UMKM Fashion dan Kuliner Banyak Pinjam Duit Jelang Ramadan

Media Digital
Selasa, 14 Maret 2023 - 18:11 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
UMKM Fashion dan Kuliner Banyak Pinjam Duit Jelang Ramadan Kunjungan tim Koin Works ke Griya Harian Jogja, Selasa (14/3/2023). - Harian Jogja/Bernadheta

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Koin Works sebagai salah satu platform peer to peer lending di Indonesia menangkap bahwa pertumbuhan jumlah lander atau pihak pemberi dana di Jogja tumbuh melambat. Sebaliknya, jumlah peminjam dana cukup tinggi. 

VP of Retail Funding East Koin Works, Willy Sanjaya mengatakan peminjam dana untuk wilayah Jogja paling banyak meminjam di kisaran Rp200 juta. 

Advertisement

"Jogja ini unik, pertumbuhan lander agak lambat tapi literasi keuangannya jago," kata Willy saat berkunjung ke Griya Harian Jogja, Selasa (14/3/2023).

Tidak hanya Jogja, tingginya jumlah peminjam dana juga terjadi di Surabaya. 

Menjelang Ramadan seperti ini, jumlah peminjam dana naik terutama untuk UMKM di bidang kuliner dan fashion. Hal itu terjadi karena Jogja terdiri dari banyak pelaku usaha di sektor mikro kecil dan menengah.

Koin works sendiri merupakan platform peer to peer lending yang menghubungkan peminjam dana dengan pemberi dana. Dana yang dipinjamkan khusus untuk kegiatan produktif seperti pengembangan UMKM. 

Koin Works lahir sejak 2015 dan berkantor pusat di Jakarta. Selama empat tahun belakangan ini mengembangkan sayap di Jogja dan hingga saat ini sudah ada di Surabaya, India dan Singapura.  

Willy mengatakan, salah satu keunggulan Koin Works adalah bisa mendapatkan dana cepat tanpa jaminan. Nasabah bisa mengajukan pinjaman mulai dari Rp10 juta hingga Rp250 juta dengan tenor mulai dari 6 bulan hingga 24 bulan.

Pinjaman akan didanai oleh ribuan investor yang tergabung di KoinWorks dan akan terpenuhi dengan cepat. Bunga pinjaman P2P Lending KoinWorks juga terhitung kecil yakni mulai dari 0,75% sampai 1,67% per bulan.

Financial Consultant Team Leader Koin Works Senny Ranggi Randona mengatakan Koin Works sudah berizin Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak Desember 2019 dan pada Juni 2022 secara resmi melaunching digital banking untuk UMKM. 

"Sampai saat ini ada dua juta user di seluruh Indonesia," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Halim Sebut Industri Kuliner di Bantul Mampu Gerakkan Pertumbuhan Ekonomi

Bantul
| Minggu, 26 Mei 2024, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Bunga Bangkai Kebun Raya Cibodas Mekar Setinggi 3,4 Meter

Wisata
| Minggu, 26 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement