Advertisement

Waspada! Bank Indonesia Ramal Inflasi akan Naik pada November 2023, Ini Pendapat Ekonom

Annasa Rizki Kamalina
Kamis, 13 Juli 2023 - 12:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Waspada! Bank Indonesia Ramal Inflasi akan Naik pada November 2023, Ini Pendapat Ekonom Calon pembeli memilih makanan di salah satu minimarket yang ada di Jakarta, belum lama ini. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA–Tekanan inflasi diperkirakan menurun pada Agustus 2023, namun akan kembali meningkat pada November 2023. Meski dinilai wajar, semua pihak diminta untuk tetap mewaspadai hasil survei Bank Indonesia (BI) tersebut.

Direktur Eksekutif Center of Reform on Economics (Core) Mohammad Faisal proyeksi tersebut wajar karena peningkatan inflasi menjelang akhir tahun merupakan siklus tahunan akibat permintaan atau demand yang tinggi. 

Advertisement

Menurutnya kekhawatiran inflasi yang perlu dikhawatirkan yakni jika terjadi gangguan pada sisi pasokan atau supply

BACA JUGA: Inflasi DIY Juni 2023 Lebih Rendah dari Nasional

“Memang yang perlu diwaspadai peningkatan inflasi pada November jika didorong oleh kenaikan harga supply [akibat El Nino] berarti demand nggak kuat, justru naiknya harga yang disebabkan faktor supply, malah mengerus daya beli,” ujarnya, Rabu (12/7/2023). 

Untuk itu, pemerintah perlu mengantisipasi penurunan daya beli dengan memberikan dukungan dari sisi kebijakan fiskal dan sektor riil. 

Menurut Faisal, saat ini Kementerian Keuangan optimistis bahwa defisit APBN 2023 pada akhir tahun akan berada jauh di bawah 3 persen, tepatnya 2,28 persen. 

“Artinya masih ada ruang untuk mendorong belanja dari sisi fiskal pada tahun ini sampai akhir tahun. Ada ruang fiskal, karena batasnya [defisit] 3 persen,” tambahnya. 

Faisal menekankan bahwa jangan hanya memperbesar anggaran untuk mendorong daya beli, namun lebih diarahkan kepada peningkatan daya beli, seperti memperkuat UMKM, daya beli kelompok bawah, serta padat karya. 

“Ini yang perlu menjadi fokus agar daya beli meningkat,” katanya. 

Adapun, survei BI menunjukkan bahwa Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) IEH November 2023 tercatat sebesar 123, lebih tinggi dari periode sebelumnya sebesar 121,6.

Salah satu penyebab adalah kendala pasokan barang, antara lain karena pembatasan kendaraan besar pada akhir tahun. 

Perkiraan Bank Indonesia ini sejalan dengan outlook pemerintah yang sedikit menaikkan batas atas inflasi tahun ini dari 3,3 persen - 3,6 persen  menjadi 3,3 persen - 3,7 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dua TPS 3R Belum Beroperasi, Sampah di Kota Jogja Diolah Swasta Pakai Sistem Tipping Fee

Jogja
| Kamis, 02 Mei 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement