Advertisement

Pengolahan Data Sensus Pertanian 2023, BPS DIY Melibatkan 692 Petugas

Anisatul Umah
Senin, 14 Agustus 2023 - 17:27 WIB
Maya Herawati
Pengolahan Data Sensus Pertanian 2023, BPS DIY Melibatkan 692 Petugas Sensus Pertanian / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA— Badan Pusat Statistik (BPS) DIY melibatkan 692 petugas untuk mengolah data Sensus Pertanian 2023. Ketua Tim Sensus Pertanian 2023 BPS DIY, Rahmawati mengatakan, khusus untuk pendataan perusahaan batas waktunya masih sampai 15 Agustus. Namun BPS DIY sudah rampung mendata.

"Sudah rampung [pendataan perusahaan] tanggal 15 hanya deadline toleransi dari pemerintah. Insyaallah untuk DIY semua sudah didata," ucapnya, Senin (14/8/2023).

Advertisement

Ia menjelaskan setelah pendataan rampung baik perorangan dan perusahaan, proses selanjutnya adalah cleaning data di level pengawas dan petugas pengolahan. Pengolahan data ditargetkan rampung dalam dua bulan. Sesuai jadwal di awal Oktober 2023.

"Proses pengolahan dilaksanakan selama dua bulan. Rencana rilis angka sementara di bulan Desember," jelasnya.

BACA JUGA: Biar Tak Bau, Sleman Tekan Pembuangan Sampah Organik ke Tamanmartani

Pengolahan data dilakukan secara berjenjang. Mulai dari tingkat Kota/Kabupaten, hingga nanti akan diolah oleh  pusat. "Untuk pengolahan data [di DIY] melibatkan 692 orang," katanya.

Sebelumnya, Kepala BPS DIY, Herum Fajarwati mengatakan Sensus Pertanian 2023 sempat terkendala dengan munculnya kasus Antraks, khususnya di Gunungkidul. Sensus sempat terhenti beberapa saat, namun bisa dilanjutkan pada akhir bulan.

"Alhamdulillah kami sesuai [target] meski kemarin ada Antraks. Kami bisa mengejar, bahkan ada Kabupaten yang selesai sebelum 31 Juli 2023, di Kulonprogo rampung 30 Juli 2023," ungkapnya.

Saat menemui kendala Antraks BPS DIY berkoordinasi dengan Dinas setempat. Saat kondisi sudah semakin kondusif petugas bisa kembali melanjutkan sensusnya.

"Untuk wilayah yang kena Antraks memang sempat tidak kami lakukan pendataan, ada sekitar satu pekan, tetapi kami koordinasi terus."

Dia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, juga kepada masyarakat yang telah memberi dukungan pada Sensus Pertanian 2023. Sehingga bisa rampung sesuai jadwal.

"Terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat, karena telah mendukung. Sehingga sesuai jadwal untuk pendataan Sensus Pertanian bisa kami tuntaskan. Untuk yang perorangan sudah 100 persen," jelasnya.

Sensus Pertanian 2023 merupakan sensus ketujuh yang digelar setiap dasawarsa. Sensus ini cukup strategis di tengah isu tentang pangan dunia. Sensus pertanian akan menjawab perkembangan pertanian selama 10 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Pakar Hukum Universitas Widya Mataram Sebut Ade Armando Tak Paham Sejarah Keistimewaan DIY

Jogja
| Selasa, 05 Desember 2023, 01:27 WIB

Advertisement

alt

Jelang Natal Saatnya Wisata Ziarah ke Goa Maria Tritis di Gunungkidul, Ini Rute dan Sejarahnya

Wisata
| Jum'at, 01 Desember 2023, 19:12 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement