Advertisement

OJK DIY Gelar Kereasi Bangkit 2023 Dorong Generasi Muda Cakap Keuangan

Media Digital
Rabu, 30 Agustus 2023 - 19:07 WIB
Maya Herawati
OJK DIY Gelar Kereasi Bangkit 2023 Dorong Generasi Muda Cakap Keuangan Simbolis Kepala OJK DIY, Parjiman menyerahkan tabungan SimPel kepada salah satu siswa dalam acara Kreasi Bangkit 2023 di Kampus APMD, Rabu (30/8/2023). - Harian Jogja - Anisatul Umah

Advertisement

JOGJA—Otoritas Jasa Keuangan (OJK) DIY menggelar Hari Indonesia Menabung Kreasi Bangkit 2023 di Kampus APMD, Rabu (30/8/2023). Ada tiga kegiatan yang digelar dalam acara bertajuk Aku Generasi Simpel, Aku Generasi Cakap Keuangan ini. Di antaranya final lomba cerdas cermat, edukasi perwakilan lembaga jasa keuangan di booth yang tersedia, juga ada booth yang menampilkan karya produk dari perwakilan SMK.

Kepala OJK Perwakilan DIY, Parjiman mengatakan Hari Indonesia Menabung merupakan implementasi dari Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 26 Tahun 2019 tentang Hari Indonesia Menabung, yang diperingati setiap 20 Agustus. Secara berkelanjutan OJK telah menggelar acara Hari Indonesia Menabung dengan melibatkan berbagai pihak.

Advertisement

Ini menjadi upaya untuk mendorong budaya menabung sejak dini, sehingga tercipta generasi cerdas dalam mengelola keuangan. OJK bersama dengan stakeholder terkait telah menginisiasi dan meluncurkan Program Satu Rekening Satu Pelajar (Kejar). Tujuannya agar pelajar Indonesia punya akses pada produk jasa keuangan, sehingga budaya menabung di lembaga jasa keuangan formal sudah dibiasakan sejak dini.

"Sejalan dengan hal ini, dalam rangka meningkatkan awareness masyarakat pada program KEJAR dan menjadi salah satu dari rangkaian Indonesia Menabung 2023 dilaksanakan literasi dan edukasi program KEJAR kepada pelajar di sekolah dan pembukaan rekening pelajar," katanya.

Kegiatan lain dari rangkaian Indonesia Menabung yakni penandatangan surat edaran atau kebijakan dari unsur pemerintah daerah terkait program KEJAR, publikasi program KEJAR berupa produk SimPel/SimPel iB dan jenis tabungan anak lainnya. Juga digelar Award sebagai bentuk apresiasi kepada pihak terkait, baik lembaga jasa keuangan, Pemda, dan satuan pendidikan.

"Kegiatan Bangkit Championship merupakan ajang kompetisi cerdas cermat dengan materi mengenai sektor jasa keuangan di Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan bagi generasi muda yang cerdas keuangan," jelasnya.

BACA JUGA: Besok, Kejati DIY Periksa Lima Notaris Terkait Kasus Mafia Tanah Kas Desa

Lebih lanjut dia mengatakan kegiatan ini menjadi sarana untuk mengenalkan lebih dekat produk keuangan dan industri jasa keuangan di Indonesia. Juga memberikan kesempatan kepada lembaga jasa keuangan untuk memberi literasi dan edukasi keuangan yang menarik. Pelajar SMK dengan kompetensi wirausahanya juga bisa menampilkan produknya.

"Selama periode peringatan Indonesia Menabung Juli—Agustus 2023 perbankan milik Pemda di DIY berkolaborasi dalam Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) telah mendorong literasi dan inklusi keuangan segmen pelajar melalui kegiatan bank to school dan Edu Smart Bank dari BPD DIY sehingga pada Juli-Agustus 2023 ada 25.454 pembukaan rekening SimPel/SimPel iB dan tabungan anak lainnya," katanya.

Sekretaris Daerah DIY, Beny Suharsono mengatakan atas nama Pemda DIY menyambut baik penyelenggaraan Kreasi Bangkit 2023. Dia menyampaikan apresiasi kepada OJK DIY, unsur pemerintah pusat, pemerintah daerah dan kabupaten/kota se DIY, serta lembaga dan jasa keuangan yang terlibat. Sehingga acara ini bisa terlaksana.

"Terima kasih karena saudara semua yang telah menunjukkan kolaborasi dan sinergi yang baik dalam mewujudkan apa yang menjadi konsen bersama. Kepada sekolah saya sampaikan terima kasih karena telah bersedia terlibat aktif dalam peningkatan literasi dan inklusi keuangan pelajar," ungkapnya. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cucu Pendiri Ponpes Sunan Pandanaran Gus Nahdy Dikabarkan Akan Maju Pilkada Sleman 2024

Sleman
| Senin, 20 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement