Advertisement

Revitalisasi Stasiun Tugu Butuh Waktu 1-2 Tahun

Anisatul Umah
Rabu, 03 Januari 2024 - 12:37 WIB
Ujang Hasanudin
Revitalisasi Stasiun Tugu Butuh Waktu 1-2 Tahun Ilustrasi Stasiun Tugu Yogyakarta

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kementerian Perhubungan (Kemenhub) punya rencana untuk merevitalisasi sejumlah stasiun di Pulau Jawa, salah satunya Stasiun Tugu Jogjakarta. EVP of Corporate Secretary PT Kereta Api Indonesia (Persero), Raden Agus Dwinanto mengatakan KAI menyambut baik program dari Kemenhub ini.

Menurutnya waktu yang dibutuhkan revitalisasi akan mengikuti perencanaan desainnya, bisa 1-2 tahun. Sementara untuk beautifikasi diharapkan bisa rampung tahun ini.

Advertisement

"Untuk waktu [revitalisasi] tentu saja mengikuti perencanaan desainnya, bisa 1 atau 2 tahun," ucapnya, Rabu (3/01/2024).

Sementara itu, terkait anggaran yang dibutuhkan saat ini masih dilakukan koordinasi dengan Kemenhub. Dalam hal ini Direktorat Jenderal Perkeretaapian.

"Masih akan terus berkoordinasi dengan Kemenhub terkait anggaran yang disiapkan," lanjutnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan, penataan stasiun harus melihat aspek pelayanan yang lebih baik, dan tentunya dilakukan beberapa tahapan. PT KAI (Persero) mendukung melalui program beautifikasi dn kemudahan akses stasiun seperti parkir diharapkan bisa rampung tahun ini.

BACA JUGA: Revitalisasi Stasiun Tugu Dilanjutkan, Pemda DIY: untuk Peningkatan Pelayanan

Khususnya di DIY, dia menyebut terjadi pertumbuhan penumpang kereta api (KA) baik jarak jauh, KA Bandara, dan KRL dalam dua tahun terakhir.

"Kami menyambut baik program kemenhub terkait revitalisasi stasiun stasiun," paparnya.

Sebelumnya, Pemda DIY menyatakan rencana revitalisasi Stasiun Tugu memang sudah lama diwacanakan untuk meningkatkan pelayanan di wilayah setempat.

Sekda DIY Beny Suharsono mengatakan, rencana revitalisasi stasiun Tugu secara makro sudah lama direncanakan. Pasalnya stasiun yang letaknya berdekatan dengan kawasan Malioboro ini menjadi salah satu stasiun tersibuk di Indonesia.

"Kalau rencana makronya sudah lama kawasan stasiun Tugu direnovasi untuk peningkatan pelayanan termasuk Stasiun Lempuyangan kapasitas pelayanannya ditingkatkan," ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Asyik! 1.254 Anggota Bamuskal di Gunungkidul Kini Dicover BPJS

Gunungkidul
| Senin, 29 April 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement