Advertisement

Kenaikan Harga BBM, Kementerian Keuangan Sebut Belum Ada Pembahasan

Maria Elena
Kamis, 27 Juni 2024 - 22:07 WIB
Maya Herawati
Kenaikan Harga BBM, Kementerian Keuangan Sebut Belum Ada Pembahasan Ilustrasi pasokan BBM - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA–Kabar kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dijawab Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Menurut Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Isa Rachmatarwata hingga saat ini belum terdapat pembahasan terkait kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi antara Kemenkeu dan Kementerian ESDM.

“Sampai saat ini tidak ada pembahasan mengenai kemungkinan kenaikan harga BBM dengan kementerian ESDM,” katanya dalam konferensi pers APBN Kita, Kamis (27/6/2024).

Advertisement

Isa menjelaskan di satu sisi, kurs rupiah meningkat cukup signifikan, tetapi menurut Isa harga minyak mentah Indonesia (ICP) secara rata-rata masih sesuai prediksi pemerintah.

“Jadi kita belum terlalu mendapat tekanan untuk sisi ICP, tapi memang dari sisi kurs kita mulai mendapat tekanan untuk subsidi BBM ini,” jelasnya.

BACA JUGA: Polresta Jogja Tangkap Delapan Tersangka Kasus Narkoba

Isa mengatakan konsumsi BBM hingga saat ini juga masih dapat dikendalikan, sehingga alokasi anggaran untuk subsidi BBM masih bisa berada pada kisaran yang disiapkan pemerintah dalam APBN 2024.

Selain itu, dia menambahkan bahwa pemerintah dan DPR RI telah menyepakati agar subsidi BBM bersifat fleksibel, yaitu menyesuaikan dengan kebutuhan untuk subsidinya.

Adapun, Kemenkeu mencatat realisasi anggaran subsidi yang telah digelontorkan pemerintah hingga Mei 2024 adalah sebesar Rp77,8 triliun, meningkat 3,7% secara tahunan.

Jika dirincikan, anggaran subsidi energi telah terealisasi sebesar Rp56,9 triliun, sementara anggaran subsidi non-energi terealisasi sebesar Rp21 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Petani di Sleman Buat Gerakan Tanam Cabai untuk Jaga Stabilitas Harga

Sleman
| Minggu, 30 Juni 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Mau Main Biliar Tetapi Tak Mau Keganggu Asap Rokok dan Vape, Coba ke Mille Billiards Saja

Wisata
| Rabu, 26 Juni 2024, 21:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement