Advertisement

Kunjungan Mal DIY Naik Dua Kali Lipat Saat Long Weekend Maulid Nabi

Anisatul Umah
Selasa, 17 September 2024 - 16:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Kunjungan Mal DIY Naik Dua Kali Lipat Saat Long Weekend Maulid Nabi Ilustrasi hari libur di Jogja. Harian Jogja/ Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA— Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APBI) DIY, Surya Ananta mengatakan kunjungan mal DIY naik dua kali lipat saat long weekend Maulid Nabi 14-16 September 2024 kemarin. Ia menjelaskan peningkatan ini dibandingkan dengan libur akhir pekan biasa.

Menurutnya kunjungan didominasi dari kalangan keluarga. Meski banyak pengunjung dari luar kota tapi masih didominasi oleh masyarakat lokal DIY. Kunjungan tertinggi terjadi pada 14 dan 15 September 2024 atau Sabtu dan Minggu. Senin menurutnya masih tinggi meski sudah mulai turun.

BACA JUGA: Wow! Libur Panjang Maulid Nabi Sumbang PAD senilai Rp632 Juta untuk Bantul, Berikut Rinciannya

"Jadi kalau kemarin itu kunjungan meningkat dua kali lebih ya," ucapnya, Selasa (17/9/2024).

Surya mengatakan kunjungan hari ini, Selasa (17/9/2024) juga masih tinggi jika dibandingkan weekday biasa. Terkait angka pasti jumlah pengunjung ia belum bisa merinci karena setiap mal beda-beda.

Kunjungan di long weekend kali ini menurutnya tidak terlalu berbeda dengan long weekend lainnya, seperti saat momen HUT RI kemarin. Jam buka mal juga tidak ada perubahan.

Lebih lanjut dia mengatakan jelang akhir tahun biasanya peningkatan kunjungan mal akan terjadi lagi setelah November, mendekati natal dan tahun baru. Kurang lebih nanti jumlah kunjungannya akan sama dengan libur lebaran.

"Rata-rata orang tujuannya untuk leisure terlebih dahulu, belanja tetap meningkat tapi sudah jadi opsi kedua," jelasnya.

Surya mengatakan saat ada libur yang tidak terlalu panjang seperti kemarin, rata-rata pengunjungnya masih dari pulau Jawa, khususnya Jawa Tengah, Jakarta, Surabaya. Berdasarkan pengamatannya keberadaan tol juga mendorong meningkatkan traffic kunjungan.

"Disupport tol dan juga kereta api itu kan makin variatif mau pilih mahal banget, tengah juga ada. Moda transportasi ini semakin mendukung mobilitas," jelasnya.

Ia optimis ke depan kunjungan mal akan meningkat seiring dengan berfungsinya tol. Dilihat dari sudut pandang dunia ritel menurutnya peningkatan terjadi setelah ada tol.
 
"Iya kami yakin begitu [trennya akan meningkat]." (Anisatul Umah) 

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Mampir ke Pesantren Ora Aji Sleman, Jokowi Hadiri Forum Kai Muda se-Jawa

Sleman
| Kamis, 19 September 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement