KEPALA DAOP 6 : Selalu Tanamkan Diskusi Untuk Solusi

KEPALA DAOP 6 : Selalu Tanamkan Diskusi Untuk SolusiKepala PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 6 Eko Purwanto. - Harian Jogja/Holy Kartika N.S.
19 Juni 2018 10:30 WIB Holy Kartika Nurwigati Ekbis Share :
Jual Beli Online Aman dan Nyaman - Tokopedia

Harianjogja.com, JOGJA—Tantangan dalam memimpin salah satu daerah operasi untuk transportasi kereta api, bagi Eko Purwanto merupakan pengalaman menarik. Kendati baru beberapa bulan menjabat sebagai Kepala PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 6, dirinya merasa tertantang saat dihadapkan pada tugas-tugas berat menjelang momentum tahunan mudik Lebaran. 

Selama menghadapi masa angkutan mudik-balik Lebaran, pekerjaan sebagai pimpinan di institusi ini menghadapi masa-masa sibuk. Terlebih bagi Eko, yang sebelumnya cukup lama mengelola dan berkecimpung di bidang teknis perawatan lokomotif kereta api. 

Diakui bapak dua anak ini, sebagai orang teknis yang sehari-hari bertanggung jawab pada perawatan sarana lokomotif kereta gerbong, tak mudah mengembang tugas sebagai Kepala PT KAI Daop 6. "Dulu waktu menjadi Kepala UPT Balai Yasa Jogja, saya hanya mengelola satu lini tugas yakni perawatan sarana kereta api. Sekarang job desk jadi bertambah banyak," ujar Eko ditemui di Stasiun Tugu Jogja, belum lama ini. 

Tugas yang diembannya semakin luas. Karena bukan hanya memastikan perawatan sarana, tetapi semua aktivitas yang ada di kereta api di lingkup daerah operasi merupakan tugas yang harus dilakukannya. 

Kendati demikian, sistem manajemen yang sudah tertata di PT KAI dirasa semakin memudahkannya dalam beradaptasi. Tantangan yang ada dan dihadapinya kala itu, menjadi cambuk penyemangat untuk dirinya dalam mengembangkan diri. 

"Memang berat karena tugasnya jadi lebih banyak. Namun justru itu jadi tantangan tersendiri bagi saya. Pekerjaan pun bagi saya menjadi lebih dinamis, karena banyak hal yang bisa dilakukan, apalagi saat masa angkutan Lebaran seperti saat ini," ujar laki-laki asal Madiun ini. 

Meski pernah menjabat sebagai Kepala UPT Balai Yasa Jogja, nilai-nilai kepemimpinan semasa itu tetap menjadi prinsip teguhnya saat menjabat sebagai Kepala PT KAI Daop 6. Eko masih memegang teguh kedisiplinan dengan tidak menunda pekerjaan. 

Tak hanya itu, dalam memimpin suatu organisasi, pihaknya selalu menanamkan nilai-nilai positif ke para stafnya. Salah satunya selalu mengupayakan diskusi untuk mencari solusi dan antisipasi dalam setiap menghadapi suatu masalah. 

"Saya selalu menanamkan pentingnya diskusi. Bukan mendiskusikan masalah, itu sudah terjadi, sehingga yang perlu dipikirkan adalah solusi, jalan keluar dan antisipasinya. Selain itu, bagi saya team work itu penting dalam suatu organisasi," kata Eko.

Jual Beli Online Aman dan Nyaman - Tokopedia