Advertisement

70% Penumpang Garuda Indonesia Pilih Beli Tiket di Mitra

Rheisnayu Cyntara
Senin, 23 Juli 2018 - 07:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
70% Penumpang Garuda Indonesia Pilih Beli Tiket di Mitra Pesawat Garuda Indonesia mempersiapkan keberangkatan di apron Termial 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten Selasa (13/2/2018). (Bisnis - Felix Jody Kinarwan)).

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Penjualan tiket Garuda Indonesia masih didominasi oleh mitra, baik travel agent offline maupun online berupa aplikasi-aplikasi pembelian tiket secara daring. Totalnya ada sekitar 70% dari total penjualan tiket. 

GM Garuda Indonesia Brand Office Yogyakarta Jubi Prasetyo mengakui penjualan tiket Garuda Indonesia masih banyak diakses oleh masyarakat melalui mitra. Pasalnya perilaku konsumen saat ini telah berubah. Mereka seringkali membutuhkan tiket secara mendadak, maka pembelian melalui mitra pun jadi pilihan. Terutama mitra Garuda Indonesia berupa online travel agent (OTA) dan juga situs-situs pembelian tiket daring yang dianggap mampu mengakomodasi kebutuhan konsumen tersebut. "Kalau penjualan tiket dari mitra kami sekitar 50 persen tetapi kalau ditambah dengan yang online sampai 70 persen," katanya, Sabtu (21/7). 

Advertisement

Meskipun transaksi digital terus meningkat, Jubi tetap memenuhi permintaan sebagian konsumen yang lebih nyaman bertransaksi secara tatap muka melalui gerai atau outlet Garuda Indonesia. Dia menuturkan kontribusi gerai terhadap penjualan memang belum signifikan, sekitar 10% dari total penjualan. 

Di sisi lain pasar bisnis penerbangan ini terus meningkat. Jubi menuturkan jika dibandingkan, total penumpang pada 2017 lalu naik sebanyak 8% dibandingkan 2016 yakni mencapai 3,8 juta penumpang. Bahkan pada semester I 2018 ini, ada peningkatan hingga 20% dibandingkan periode yang sama pada 2017 lalu (year on year/yoy). Jika pada semester I 2017 mencapai 1,5 juta penumpang maka pada 2018 ini jumlahnya naik hingga sebanyak 1,8 juta penumpang. 

"Artinya peluang bisnis ini kan masih sangat besar. Oleh sebab itu kami terus berusaha meningkatkan pelayanan dan bermitra dengan berbagai pihak. Kami juga serius menggarap segmen korporasi," katanya. 

Sebagaimana diketahui, Garuda Indonesia berkomitmen mengembangkan kemitraan untuk menarik segmen korporasi. Pasalnya potensi segmen ini masih cukup besar di Jogja yang merupakan salah satu destinasi unggulan meetings, incentives, conference and exhibition (MICE). Apalagi banyak korporasi dari Jogja yang melakukan perjalanan dinas ke kantor pusat yang berada di luar Jogja. Jubi menambahkan kini pihaknya telah bekerjasama dengan sekitar 35 korporasi dan akan terus dikembangkan. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement