Advertisement

Di Jogja, Moka Laris Manis Digunakan Gerai Kopi

Holy Kartika Nurwigati
Selasa, 28 Agustus 2018 - 16:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Di Jogja, Moka Laris Manis Digunakan Gerai Kopi Vice President of Brand and Marketing Moka Bayu Ramadhan (dua kiri) dan perwakilan manajemen Moka saat berkunjung ke kantor Harian Jogja disambut Pimpinan Redaksi Harian Jogja Anton Wahyu Prihartono (tengah), Senin (27/8). - Harian Jogja/Holy Kartika N.S

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kehadiran teknologi aplikasi point of sale (POS) dari Moka telah mendorong bisnis para pelaku usaha kecil menengah di Indonesia. Aplikasi kasir elektronik ini bahkan telah digunakan oleh lebih 300 gerai kopi di DIY.

Dalam audiensi yang dilakukan di Griya Harian Jogja, Moka memperkenalkan beragam fitur yang dapat membantu pelaku usaha menjalankan bisnisnya dengan aplikasi berbasis teknologi. Sejak dikembangkan 2014 silam, Moka telah dipercaya olehlebih dari 10.000 gerai di seluruh Indonesia.

Advertisement

Vice President of Brand and Marketing Moka Bayu Ramadhan mengungkapkan teknologi POS yang diperkenalkan start-up ini dapat membantu UKM mengawasi bisnis dari mana saja dan kapan saja secara real time.

"Selain itu, pelaku bisnis juga bisa mendapatkan laporan analisis lengkap yang dapat membantu pengambilan keputusan bisnis," ujar Bayu, Senin (27/8).

Bayu mengungkapkan penetrasi Moka di wilayah DIY cukup tinggi. Pasalnya, dalam tiga tahun pertumbuhan merchant yang telah menggunakan aplikasi ini di Jogja mencapai peningkatan hingga 11 kali.

Lebih lanjut Bayu mengungkapkan tiga industri merchant yang telah menggunakan Moka antara lain food and beverages, services dan retail. Namun penetrasi terbesar yakni pada bisnis FnB dengan persentase mencapai 74,93%.

"Aplikasi ini kebanyakan digunakan coffee shop. Kurang lebih dari sekitar 1.000 merchant di Jogja, 324 adalah coffee shop. Selanjutnya digunakan oleh quick service restaurant dan full service restaurant," imbuh Bayu.

Bayu memaparkan tahun ini Moka berupaya untuk memperluas promosi, agar aplikasi ini dapat dimanfaatkan oleh semua sektor bisnis yang ada. Salah satunya untuk segmen UKM atau UMKM. Pasalnya, kemudahan fitur yang ditawarkan aplikasi ini tidak hanya akan membantu dalam transaksi merchant, tetapi juga membantu penyusunan laporan hingga manajemen bisnis yang dijalankan.

"Memang kebanyakan masih dimanfaatkan oleh bisnis-bisnis yang dikelola anak muda dan memiliki segmen pasar yang juga tak jauh berbeda. Namun, kami ingin aplikasi ini juga dapat digunakan untuk bisnis sudah mapan, seperti bisnis-bisnis keluarga dan UMKM," jelas Bayu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Mempercepat Penanganan, Pemkab Kulonprogo Bikin Rembug Stunting

Kulonprogo
| Kamis, 25 April 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement