Lega ... Harga Komputer Belum Terpengaruh Dolar

Lega ... Harga Komputer Belum Terpengaruh DolarFoto ilustrasi. - Solopos/ Sunaryo Haryo Bayu
12 September 2018 06:30 WIB Rheisnayu Cyntara Ekbis Share :
Jual Beli Online Aman dan Nyaman - Tokopedia

Harianjogja.com, JOGJA—Harga jual barang-barang elektronik terutama komputer dan laptop belum terpengaruh menemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar. Apalagi pada pameran dan bazar yang banyak diadakan oleh pengusaha komputer pada awal tahun ajaran baru ini.

Ketua Asosiasi Pengusaha Komputer (APKom) DIY Willy Sudjono menyebut rata-rata pengusaha yang mengadakan pameran pada awal tahun ajaran baru ini tetap menggunakan harga normal. Artinya harga yang ditentukan sejak jauh-jauh hari, tidak mengikuti kenaikan dolar. Jikalau ada, mereka biasanya langsung memberikan diskon ataupun kompensasi lain berupa produk.

"Walaupun meningkat biasanya mereka akan motong sendiri dengan program yang mereka buat. Misalnya dikasih cashback atau ada diskon," katanya pada Minggu (9/9).

Willy mengatakan selama ini seluruh pengusaha komputer telah mem-publish harga dalam rupiah. Patokannya bukan dolar tetapi sudah rupiah. Sehingga jika ada kenaikan pada dolar, hal itu tak akan terlalu berdampak. "Pengusaha biasanya sudah mempersiapkan pameran atau bazar sebulan sebelum tahun ajaran baru ini mulai. Jadi harganya ya sesuai dengan apa yang sudah disiapkan jauh-jauh hari karena sudah ada hitungannya," ucapnya.

Apalagi kini Willy menyebut para pengusaha juga memiliki saingan berupa toko daring. Para penjual barang elektronik melalui daring tersebut punya kelebihan sistem yang borderless, tanpa batasan. Setiap calon pembeli di berbagai daerah bisa mengakses dan membeli barang dari mana pun. Para penjual daring biasanya juga punya program dan promo khusus untuk menarik pembeli. "Tentu ini berpengaruh, ada perpindahan konsumen ke jenis pasar yang berbeda. Nah pengusaha harus mampu bersaing memghadapi sistem yang borderless ini," imbuhnya.

Jual Beli Online Aman dan Nyaman - Tokopedia