Advertisement

Lega ... Harga Komputer Belum Terpengaruh Dolar

Rheisnayu Cyntara
Rabu, 12 September 2018 - 06:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Lega ... Harga Komputer Belum Terpengaruh Dolar Foto ilustrasi. - Solopos/ Sunaryo Haryo Bayu

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Harga jual barang-barang elektronik terutama komputer dan laptop belum terpengaruh menemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar. Apalagi pada pameran dan bazar yang banyak diadakan oleh pengusaha komputer pada awal tahun ajaran baru ini.

Ketua Asosiasi Pengusaha Komputer (APKom) DIY Willy Sudjono menyebut rata-rata pengusaha yang mengadakan pameran pada awal tahun ajaran baru ini tetap menggunakan harga normal. Artinya harga yang ditentukan sejak jauh-jauh hari, tidak mengikuti kenaikan dolar. Jikalau ada, mereka biasanya langsung memberikan diskon ataupun kompensasi lain berupa produk.

Advertisement

"Walaupun meningkat biasanya mereka akan motong sendiri dengan program yang mereka buat. Misalnya dikasih cashback atau ada diskon," katanya pada Minggu (9/9).

Willy mengatakan selama ini seluruh pengusaha komputer telah mem-publish harga dalam rupiah. Patokannya bukan dolar tetapi sudah rupiah. Sehingga jika ada kenaikan pada dolar, hal itu tak akan terlalu berdampak. "Pengusaha biasanya sudah mempersiapkan pameran atau bazar sebulan sebelum tahun ajaran baru ini mulai. Jadi harganya ya sesuai dengan apa yang sudah disiapkan jauh-jauh hari karena sudah ada hitungannya," ucapnya.

Apalagi kini Willy menyebut para pengusaha juga memiliki saingan berupa toko daring. Para penjual barang elektronik melalui daring tersebut punya kelebihan sistem yang borderless, tanpa batasan. Setiap calon pembeli di berbagai daerah bisa mengakses dan membeli barang dari mana pun. Para penjual daring biasanya juga punya program dan promo khusus untuk menarik pembeli. "Tentu ini berpengaruh, ada perpindahan konsumen ke jenis pasar yang berbeda. Nah pengusaha harus mampu bersaing memghadapi sistem yang borderless ini," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Siap-siap Lur, Pemkab Kulonprogo Buka 90 Formasi CPNS dan PPPK untuk 205 Posisi, Berikut Rinciannya

Kulonprogo
| Jum'at, 19 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement