Advertisement

Rupiah Terdepresiasi, BI: Termasuk Rendah Dibanding Negara Lain

Maria Elena
Minggu, 16 Juni 2024 - 20:37 WIB
Mediani Dyah Natalia
Rupiah Terdepresiasi, BI: Termasuk Rendah Dibanding Negara Lain Ilustrasi uang rupiah / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA–Tingkat depresiasi rupiah masih termasuk rendah jika dibandingkan dengan sejumlah negara lainnya.

“Bandingkan dengan peso Filipina, bandingkan dengan bahkan baht Thailand, bandingkan dengan yen Jepang. Depresiasi rupiah termasuk yang rendah dan stabil,” kata Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo seusai Rakornas Pengendalian Inflasi, Minggu (16/6/2024).

Advertisement

Baca Juga: Nilai Tukar Rupiah Makin Lemah Hari Ini di Rp16.412 per Dolar AS

Perry menegaskan untuk mengupayakan stabilisasi nilai tukar rupiah, BI akan terus melakukan intervensi, termasuk menarik aliran portofolio asing ke dalam negeri. Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) mencatat, nilai tukar rupiah pada perdagangan Jumat ditutup pada level Rp16.412 per dolar Amerika Serikat (AS), turun 0,87% atau 142 poin. Pelemahan rupiah terhadap dolar AS ini sejalan dengan depresiasi mata uang kawasan Asia lainnya, seperti yen Jepang yang melemah 0,36%, won Korea turun 0,39%, peso Filipina turun 0,08%, juga ringgit Malaysia yang melemah 0,14% dan baht Thailand 0,07%. Adapun, BI mencatat, terjadi aliran modal keluar dari pasar Surat Berharga Negara (SBN) sebesar Rp0,75 triliun pada periode 10-13 Juni 2024.

Baca Juga: Berkat Rupiah yang Menguat, Modal Asing Kembali ke Pasar RI Sebesar US$4,2 Miliar

Pada periode yang sama, tercatat aliran masuk modal asing Rp0,76 triliun di pasar saham dan Rp8,90 triliun di pasar Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI). Sepanjang 2024 atau hingga 13 Juni 2024, aliran modal keluar dari pasar SBN telah mencapai Rp35,09 triliun dan dari pasar saham sebesar Rp10,40 triliun. Sementara pada periode yang sama, BI mencatat aliran masuk modal asing ke SRBI telah mencapai Rp108,90 triliun. Dalam hal ini, BI menyatakan penguatan koordinasi dengan pemerintah dan otoritas terkait akan terus diperkuat, termasuk strategi bauran kebijakan untuk mendukung ketahanan eksternal ekonomi Indonesia.

Baca Juga: Nilai Tukar Rupiah Melemah, Disperindag DIY Mewaspadai Kenaikan Harga Pangan

Direktur Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi memperkirakan jika tren pelemahan rupiah masih berlanjut, maka tingkat suku bunga acuan BI berpotensi kembali dinaikkan pada Rapat Dewan Gubernur (RDG) Juni ini sebesar 25 basis poin. “Apabila kondisi tidak memungkinkan, BI diperkirakan akan menaikkan subung jadi 6,75%,” katanya.

Ibrahim menjelaskan salah satu pemicu melemahnya mata uang dunia terhadap dolar AS yaitu masih berlanjutnya perang dagang antara Uni Eropa dan AS dengan China, yang semakin menimbulkan ketidakpastian global. “Harus diingat salah satu yang berdampak negatif pada mata uang dunia adalah Amerika dan China, sehingga terjadinya perang dagang membuat nilai tukar rupiah mengalami pelemahan yang signifikan,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Musim Kemarau Petani di DIY Diminta Tetap Menanam Padi

Jogja
| Rabu, 26 Juni 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Inilah Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Naik Pesawat Hanya Kurang dari 2 Menit

Wisata
| Sabtu, 22 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement