UMKM Berkontribusi Besar dalam Penerimaan Pajak

UMKM Berkontribusi Besar dalam Penerimaan PajakDeklarasi pengukuhan pengurus UMKM sahabat pajak (USP), Kamis (7/6) malam. - Harian Jogja/Rheisnayu Cyntara
11 Juni 2018 09:30 WIB Rheisnayu Cyntara Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berkontribusi besar dalam penerimaan pajak khususnya di DIY. Pasalnya pada 2017 lalu, total penerimaan pajak dari UMKM mencapai Rp11 miliar lebih. 

Kepala KPP Pratama Bantul Budi Wiyanto menyatakan potensi penerimaan pajak dari UMKM di DIY sangatlah besar. Sebab perekonomiannya secara umum didominasi oleh UMKM. Total jumlah UMKM bahkan mencapai 524.935 dan mampu menyerap tenaga kerja hingga lebih dari satu juta orang. “Jika UMKM ini mendapatkan pembinaan, bukan tidak mungkin mereka akan makin berkembang dan menjadi pengusaha yang lebih besar. Artinya kontribusi kepada negara lewat pajak pun makin siginifikan,” ucapnya, Jumat (8/6) malam. 

Karena itu, Budi mengajak agar stakeholder yang membina UMKM bersinergi agar hasil yang diperoleh lebih optimal. Baik sinergi antara Kantor Wilayah DJP DIY, Satuan Kerja Pemerintah Daerah yang menaungi Perindustrian, Perdagangan, Koperasi serta UMKM, maupun para pelaku UMKM sendiri. 

Ajakan tersebut lantas ditanggapi positif oleh para pelaku UMKM di seluruh wilayah DIY. Dalam acara buka bersama dan silaturahmi yang diadakan Kanwil DJP DIY, mereka mendeklarasikan berdirinya kepengurusan UMKM Sahabat Pajak (USP). Menurut Ketua USP DIY, Sapto Daryono organisasi ini dibentuk untuk dapat memberikan kontribusi positif pada bangsa terutama pada sektor pajak. Caranya dengan meningkatan kapasitas anggota, saling membantu demi pengembangan usaha anggota, dan ikut membangun serta memperluas pangsa pasar bagi peningkatan usaha anggota. 

“USP ini dibentuk sebagai wadah bagi para UMKM untuk meningkatkan kapasitas. Sedangkan orientasinya adalah pengembangan usaha. Jika usaha para anggota berkembang, maka kontribusi UMKM berupa pajak kepada negara tentu akan meningkat," katanya.