Advertisement

Akurasi Data Diperlukan untuk Kebijakan Impor

Herlambang Jati Kusumo
Rabu, 10 April 2019 - 07:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
Akurasi Data Diperlukan untuk Kebijakan Impor Ilustrasi pedagang bawang putih di Pasar Gentan Sinduharjo, Kecamatan, Ngaglik, Kabupaten Sleman - JIBI/HarianJogja/Fahmi Ahmad Burhan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pengamat Ekonomi dari UGM, Prof. Mudrajad Kuncoro mengatakan dalam pengambilan kebijakan import harus benar-benar dipastikan data yang ada, termasuk bawang putih yang sempat direncanakan ada tambahan impor. Apalagi isu ini rawan ditunggangi kepentingan politik di tahun ini. 

“Pertanyaan sekarang secara domestik apakah defisit bawang putih atau tidak gitu. Jadi dari Kementerian Pertanian apakah punya data yang menunjukan sehingga harus impor,” ucap Mudrajad, kepada HarianJogja, Selasa (9/4).

Advertisement

Ia mengucapkan jangan sampai impor hanya untuk kepentingan pihak tertentu. Menurutnya, harusnya dilihat masing-masing daerah apakah benar semua defisit atau ada yang surplus, dan secara nasional apa benar defisit.

Jika ada surplus suatu daerah dan daerah lain defisit menurutnya cukup kerja sama antardaerah untuk mengatasi masalah itu, tidak perlu impor. Dikhawatirkannya jika dilakukan impor tanpa ada data yang jelas berapa produksi, konsumsi, berapa defisit, ada kepentingan politik.

“Jika ada perintah impor siapakah importirnya apa ada kaitanya dengan parpol. Sekarang kan musim kampanye apa terkait sponsor pasangan nomor satu atau dua, atau membiayai caleg tertentu dikupas lebih dalam,” ucapnya.

 

Tergantung Pusat

Kepala Perum Bulog Divre DIY, Rini Andrida mengungkapkan terkait dengan rencana impor, dia masih menunggu dari Pemerintah Pusat. Sebab Bulog adalah eksekutor dan pemegang kebijakan tertinggi ditentukan oleh kementerian terkait.

“Kalau di Jogja terkait impor bagaimana kantor pusat menetapkan kebijakan tersebut. Kami akan mengekesekusiya di Jogja. Setelah itu ada alokasi-alokasi sesuai kebutuhan daerah dan ketersediaan juga,” ucapnya.

Berdasarkan informasi terkahir, Menteri Perdagangan (Mendag), Enggartiasto Lukita menyampaikan impor bawang putih yang ditugaskan kepada Bulog hanya saat kondisi mendesak. Sementara itu saat ini ketersediaan bawang putih dinilai masih mencukupi.

Sebelumnya, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan guna menekan harga bawang putih di pasaran agar tidak melonjak menjelang Lebaran tahun ini, pemerintah resmi menugaskan Bulog untuk mengimpor komoditas pangan tersebut sebanyak 100.000 ton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Libur Panjang Paskah, Daop 6 Jogja Operasikan 5 KA Jarak Jauh Tambahan

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement