Advertisement

Kadin Dorong Produk UMKM Masuk YIA

Kusnul Isti Qomah
Rabu, 22 Mei 2019 - 09:47 WIB
Mediani Dyah Natalia
Kadin Dorong Produk UMKM Masuk YIA Pegawai sedang bersiap membuka stan Galeri UMKM Pemda DIY di Bandara YIA pada Senin (29/4/2019). - Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) DIY memiliki potensi besar untuk dikembangkan dan bersaing dengan produk dari luar daerah dengan catatan UMKM bisa menjaga kualitas. UMKM DIY pun diberi ruang untuk menampilkan produknya di Yogyakarta International Airport (YIA). 

Ketua Kadin DIY GKR Mangkubumi mengatakan produk UMKM yang dipajang di YIA haruslah yang memiliki kualitas yang baik, unik, dan benar-benar produk lokal. "Sementara ini produk yang menjadi prioritas adalah produk asli Kulonprogo dan produk dari beberapa daerah lain di DIY di stan atas nama Pemda DIY," ujar dia beberapa waktu lalu.

Advertisement

Ia mengatakan Kadin DIY turut berperan memperjuangkan agar produk UMKM bisa dipajang di bandara. "Kami lihat di kebanyakan airport belum ada UMKM yang bisa menampilkan wajahnya. Untuk UMKM DIY semoga bisa dipajang di dekat gate agar wajah kelokalan DIY bisa tampak. Ini masih belajar karena airport masih minimum operasional," kata dia.

Sedari awal pembangunan bandara, Kadin terus mendorong adanya produk UMKM. Kadin juga ikut menyaring UMKM yang ada dan memberikan bimbingan dan dukungan. "UMKM harus bisa menghadirkan produk bernilai lebih. Misal batik ya batik tulis karena di DIY banyak sentra batik tulis," kata dia.

Ia mengatakan jika bicara UMKM, Kadin berjanji akan memperjuangkan dengan maksimal. Jika ada UMKM yang kualitasnya kurang, Kadin akan memberikan pendampingan.

UMKM yang sudah memajang produknya di YIA adalah cokelat Won Dis kepunyaan Dwi Martuti. Ia mengatakan produknya cukup laris selama dipajang di stan Pemda DIY. Ia sering diminta untuk kembali menambah stok barang karena produknya laris manis.

"Kami memakai bahan asli Kulonprogo karena kami ingin mengangkat potensi lokal. Kami juga hadirkan produk yang berkualitas dengan kemasan menarik," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Disbud DIY Rilis Lima Film Angkat Kebudayaan Jogja

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement