Advertisement

BRI Maksimalkan Peran RKB, Ini Langkah yang Dipilih

Kusnul Isti Qomah
Selasa, 25 Juni 2019 - 11:22 WIB
Mediani Dyah Natalia
BRI Maksimalkan Peran RKB, Ini Langkah yang Dipilih Pimpinan Wilayah BRI Yogyakarta Dedi Juhaeni./ Harian Jogja - Kusnul Isti Qomah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—BRI Yogyakarta berkomitmen akan memaksimalkan peran Rumah Kreatif BUMN (RKB) BRI Yogyakarta sebagai media untuk pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Pimpinan Wilayah BRI Yogyakarta Dedi Juhaeni mengungkapkan RKB merupakan perangkat dan menjadi embrio untuk pengembangan UMKM di DIY. Ia menjelaskan ada 42.000 UMKM yang terdaftar dalam RKB BRI Yogyakarta yang terletak di Lantai II Wisma BRI, Jl. Sagan Timur, Terban, Gondokusuman. "Namun, dari seluruh anggota tersebut belum semua belum aktif. UMKM yang aktif baru 700 hingga 1.000 UMKM," ujar dia.

Advertisement

Masih banyaknya anggota RKB yang belum aktif menjadi tantangan dan tugas bagi BRI Yogyakarta untuk membuat UMKM tersebut aktif. Menurutnya, potensi inilah yang harus diangkat. "Dari jumlah tersebut ada UMKM yang skalanya di bawah UMKM. Ada kendala teknologi juga dan itu akan jadi program kami untuk edukasi UMKM bahwa untuk berkembang butuh pengetahuan. Ini pekerjaan yang enggak ringan, tetapi kalau berhasil luar biasa," papar dia.

Pengembangan tersebut juga terkait dengan pembiayaan yang dimiliki BRI. BRI Yogyakarta siap mengembangkan UMKM dengan menyediakan permodalan asalkan UMKM tersebut memiliki keinginan untuk berkembang. "Keinginan itulah modal mereka. Kami ada BRI unit dan divisi inkubasi untuk kembangkan UMKM. Kami ada kredit yang lebih mikro lagi jadi bisa diakses," jelas dia.

Di laman resminya, Kementerian BUMN mengatakan sebagai upaya pemberdayaan ekonomi kerakyatan, khususnya bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah, Kementerian BUMN bersama perusahaan milik negara membangun Rumah Kreatif BUMN sebagai rumah bersama untuk berkumpul, belajar dan membina para pelaku UKM menjadi UKM Indonesia yang berkualitas.

Rumah Kreatif BUMN akan mendampingi dan mendorong para pelaku UKM dalam menjawab tantangan utama pengembangan usaha UKM dalam hal Peningkatan kompetensi, Peningkatkan Akses Pemasaran dan Kemudahkan akses Permodalan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pilkada Kulonprogo: Pendaftaran Panwascam Dibuka, Kebutuhan Formasi Menunggu Hasil Tes

Kulonprogo
| Sabtu, 27 April 2024, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement